Penulis Utama : Nenik Hidayah
NIM / NIP : S031708015
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar tema berbagai pekerjaan berbasis experiential learning pada kelas IV sekolah dasar; (2) mendiskripsikan produk pengembangan prototype bahan ajar tema berbagai pekerjaan berbasis experiential learning pada kelas IV sekolah dasar: (3) menguji keefektifan bahan ajar tema berbagai pekerjaan berbasis experiential learning pada kelas IV sekolah dasar.
Penelitian pengembangan bahan ajat tematik ini menggunakan penelitian pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi Sukmadinata menjadi tiga tahap yaitu: (1) tahap studi pendahuluan; (2) tahap pengembangan; (3) tahap uji keefektifan. Produk penelitian ini adalah ini adalah bahan ajar tematik berbasis Experiential Learning yang berbentuk buku. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, data dokumentasi dan tes. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis uji t non-independent pada tahap pengembangan dan uji t independent pada tahap pengujian.
Hasil penelitian dan pengembangan ini disimpulkan bahwa: (1) analisis kebutuhan yang telah dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes yang telah dilakukan membuktikan bahwa bahan ajar yang digunakan masih memiliki beberapa kekurangan, belum mampu menyampaikan konsep materi secara mendalam, dan bahan ajar yang ada belum menyajikan konsep materi yang menekankan pada pengalaman nyata siswa; (2) berdasarkan uji t non-independent pada uji luas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar tematik berbasis experiential learning; (3) bahan ajar tematik berbasis experiential learning terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif tema “Berbagai Pekerjaan” kelas IV sekolah dasar.

Kata kunci: Bahan Ajar, Tematik, Experiential Learning, Kemampuan Kognitif

×
Penulis Utama : Nenik Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031708015
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Experiential Learning untuk Kelas IV Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-S031708015-2020
Kata Kunci : Bahan Ajar, Tematik, Experiential Learning, Kemampuan Kognitif
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah, S.Pd., M.Pd.,
2. Dr. Hartono, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.