Penulis Utama : Wayan Wati
NIM / NIP : S021602066
×

Latar Belakang: Keterlambatan dalam pemeriksaan kanker payudara merupakan salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian pada pasien kanker payudara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan pemeriksaan kanker payudara.
Subjek dan Metode: Jenis penelitian ini adalah studi penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 hingga Desember 2018. Sampel dipilih secara fixed disease sampling sebanyak 200 subjek di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Variabel dependen adalah keterlambatan pemeriksaan kanker payudara. Variabel independen adalah persepsi kerentanan, persepsi ancaman, persepsi manfaat, persepsi hambatan, efikasi diri, dukungan keluarga, deteksi dini kanker payudara, dan pendapatan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis jalur.
Hasil: Keterlambatan pemeriksaan kanker payudara dipengaruhi secara langsung dan positif oleh persepsi hambatan(b= 1.76; 95% CI= 0.75 hingga 2.77; p= 0.001), tetapi dipengaruhi secara negatif oleh persepsi ancaman (b= -1.87; 95% CI= -2.85 hingga -0.90; p= <0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan:Kejadian keterlambatan pemeriksaan kanker payudara secara langsung dipengaruhi persepsi ancaman, persepsi manfaat, persepsi hambatan, deteksi dini kanker payudara dan efikasi diri dan secara tidak langsung dipengaruhi oleh persepsi kerentanan, dukungan keluarga, pendapatan keluarga, dan efikasi diri.

Kata Kunci : kanker payudara, health belief model, path analysis

 

×
Penulis Utama : Wayan Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021602066
Tahun : 2019
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan pemeriksaan kanker payudara di RSUD DR. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021602066-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ambar Mudigdo, dr. Sp. PA(K) .
2. Dr. Isna Qadrijati, dr. M. Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.