Penulis Utama : Dhina Alvera Aurhelia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816036
Tahun : 2019
Judul : Gerakan Literasi di Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Diploma III Perpustakaan-D1816036-2019
Subyek : LITERASI, GERAKAN LITERASI, PERPUSTAKAAN, PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN WONOGIRI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kuliah Kerja Perpustakaan (Magang) merupakan dasar dari penulisan Laporan Tugas Akhir penulis guna memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan dan mendapat gelar A.Md. Pada Kuliah Kerja Perpustakaan ini penulis boleh menentukan tempat yang akan digunakan sesuai dengan minat. Penulis memilih Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri yang beralamatkan Komplek Gor Giri Mandala, Jl. Raya Wonogiri, Donoharjo, Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57614 sebagai tempat dilaksanakannya Kuliah Kerja Perpustakaan. Alasan penulis memilih tempat magang adalah karena lokasi yang strategis dan juga perpustakaan umum kabupaten Wonogiri merupakan salah satu perpustakaan yang melaksanakan kegiatan gerakan literasi. Sedangkan tujuan penulis melaksanakan Kuliah kerja Perpustakaan antara lain : medapatkan pengalaman pada dunia kerja di perpustakaan, memperoleh data-data yang diperlukan oleh penulis untuk penulisan Tugas Akhir, dan mengetahui serta terlibat dalam gerkan literasi di perpustakaan.

Gerakan literasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam meningkatkan literasi bangsa Indonesia. Gerakan ini direncanakan akan berlangsung pada tahun 2016 sampai dengan tatahun 2019. Literasi sendiri berarti kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Setiap orang memiliki kemampuan membaca dan menulis yang berbeda-beda. Kemampuan membaca dan menulis seseorang didapat sejak usia dini tergantung dari lingkungan yang mereka tinggali. Gerakan literasi dibagi menjadi dua yaitu gerakan literasi di sekolah dan gerakan literasi di masyarakat. Gerakan literasi ini memiliki kegiatan berupa membaca dan menulis.

Hasil dari kegiatan penulis selama Kuliah Kerja Perpustakaan (Magang) di Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri antara lain : penulis melakukan beberapa kegiatan seperti indeks koran, shelving, inventaris buku dan kegiatan lainnya. Gerakan Literasi di Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri ini lebih ke gerakan literasi sekolah karena kegiatan ini baru ditujukan untuk sekolah-sekolah yang ada di sekitar kabupaten Wonogiri. Kegiatan literasi di Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri menggunakan layanan perpustakaan keliling dan layanan anak/outing class. Kegiatan ini berupa membaca dan menulis satu buah buku.

Kegiatan gerakan literasi di Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri menggunakan dua layanan yaitu layanan perpustakaan keliling dan layanan anak/outing class. Kegiatan ini berupa membaca dan menulis satu buah buku dalam pelaksanaan kegiatan ini menemui beberapa hambatan seperti kurangnya fasilitas dan waktu yang terbatas.

Kata kunci:: Literasi, Gerakan literasi, Perpustakaan, Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
DHINA A A.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat Setiawan Saefullah, S.S, M.I.kom
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP