Penulis Utama : Aprilian Prastyaningtyas
NIM / NIP : E0013058
×

ABSTRAK

Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui realisasi pengelolaan wakaf tunai, kesesuaian dan penerapan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf di Pondok Pesantren Zaid bin Tsabit.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan bahan bhukum yang digunakan adalah teknik studi dokumen, pengamatan dan wawancara. Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer seperti wawancara dan sumber data sekunder yaitu undang-undang, buku-buku, jurnal, dan dokumen. Sedangkan, teknik sumber data yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Zaid bin Tsabit mengelola wakafnya dengan aktif untuk memperluas kawasan melalui LAZIS BITA sebagai penanggungjawab mererima dan mengelola wakaf tunai. Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf  khususnya pada pasal 28, 29 dan 30 yang fokus membahas wakaf uang tidak diimplementasikan secara maksimal mengenai adanya sertifikat uang karena didasari oleh latar belakang pemikiran dan konsep yang sudah dipilih oleh pihak pondok pesantren, juga dianggap terlalu sulit karena harus melalui proses yang panjang untuk menggunakan sertikat uang.

Kata kunci : Pengelolaan Wakaf, Wakaf Tunai

 

×
Penulis Utama : Aprilian Prastyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013058
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap Pengelolaan Program Wakaf Tunai di Pondok Pesantren Zaid Bin Tsabit
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Hukum, Prodi. Ilmu Hukum - E0013058- 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Rianto,S.H., M.Hum.
2. Luthfiyah Trini Hastuti, S.H., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.