Penulis Utama : Dede Algun Ihwan Luqmana
NIM / NIP : B0215017
×

ABSTRAK

Dede Algun Ihwan Luqmana. B0215017. Variasi Dialek Using di Kecamatan Glagah dan Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi (Kajian Dialektologi). Skripsi:  Program  Studi  Sastra  Indonesia  Fakultas  Ilmu  Budaya  Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Adanya variasi dialek Using di Kecamatan Glagah dan Kecamatan Giri terutama di Desa Kemiren, Kelurahan Bakungan, serta Desa Jambesari menarik untuk dikaji lebih dalam. Variasi tersebut berupa variasi fonologis dan variasi leksikal.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana wujud dialek Using di Desa Kemiren, Kelurahan Bakungan, dan Desa Jambesari dari segi  fonologi  dan  leksikal?;  dan  2)  Bagaimana  penghitungan  dialektometri terhadap dialek Using di Desa Kemiren, Kelurahan Bakungan, dan Desa Jambesari?
Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan wujud dialek Using di Desa Kemiren, Kelurahan Bakungan, dan Desa Jambesari dari segi fonologi dan leksikal; dan 2) Mendeskripsikan penghitungan dialektometri terhadap  dialek  Using  di  Desa  Kemiren,  Kelurahan  Bakungan,  dan  Desa Jambesari.
Data dalam penelitian ini adalah tuturan masyarakat daerah pengamatan yang
bersifat  spontan.  Data  diperoleh  dari  masyarakat  asli  penutur  dialek  using  di ketiga daerah pengamatan.
Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  cakap  dengan teknik pancing dan teknik cakap semuka serta dilanjut dengan teknik catat dan teknik rekam. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan teknik pilah unsur tertentu dilanjutkan teknik hubung banding menyamakan hal pokok. Selian itu, digunakan pula metode dialektometri.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh 128 beda fonologis dan 57 beda leksikal. Hasil penghitungan dialektometri yang telah dilakukan secara keseluruhan sebesar
17,64% (DP 1 dengan DP 2), 16,91% (DP 1 dengan DP 3), dan 12,5% (DP 2 dengan DP 3). Hasil tersebut membuktikan bahwa tidak ditemukan adanya perbedaan.


Kata kunci: dialektologi, dialek Using, Kemiren, Bakungan, Jambesari

×
Penulis Utama : Dede Algun Ihwan Luqmana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215017
Tahun : 2019
Judul : Variasi Dialek Using di Kecamatan Glagah dan Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi (Kajian Dialektologi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya Jur . Sastra Indonesia -B0215017 - 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hesti Widyastuti, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.