Penulis Utama : Nurul Khasanah
NIM / NIP : K4212052
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesantunan tindak tutur masyarakat Desa Bogorejo; (2) mendeskripsikan relevansi kesantunan tindak tutur masyarakat Desa Bogorejo sebagai bahan ajar di SMA.
    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Data dan sumber data penelitian ini adalah transkrip dialog masyarakat desa Bogorejo dan informan pakar pembelajaran bahasa, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan siswa SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik sadap, analisis dokumen dan wawancara mendalam. Pengambilan subjek penelitian berdasarkan purposive sampling atau pertimbangan tertentu. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.
    Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tindak tutur pada kumpulan dialog masyarakat desa Bogorejo di kantor desa Bogorejo merupakan tindak tutur yang cukup santun. Adapun jenis tindak tutur yang ditemukan ialah tindak tutur asertif, tindak tutur direktif, tindak tutur ekspresif dan tindak tutur komisif.  Dari sembilan rekaman dialog yang dijadikan data, ada 194 tuturan. Adapun hasil analisisnya yaitu ditemukan 106 tindak tutur asertif, 75 tindak tutur direktif, 7 tindak tutur ekspresif, dan 6 tindak tutur komisif.


Kata Kunci: kesantunan, tindak tutur, masyarakat desa Bogorejo, bahan ajar bahasa Jawa

 

×
Penulis Utama : Nurul Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212052
Tahun : 2019
Judul : Kesantunan berbahasa jawa masyarakat desa Bogorejo serta relevansinya sebagai bahan ajar di sekolah menengah atas (suatu kajian pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4212052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.