Penulis Utama : Sinta Rega Fitriyana Putri
NIM / NIP : E0015388
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo terhadap pengelolaan limbah PT Batik Keris, serta tindak lanjut dari hasil pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo terhadap pemenuhan ketaatan pengelolaan limbah PT Batik Keris. Penelitian hukum ini merupakan penelitian empiris atau non-doktrinal dan bersifat deskriptif. Sumber bahan hukum yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan interaktif model.
Hasil penelitian terhadap pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo terhadap pengelolaan limbah PT Batik Keris dilaksanakan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah melalui PROPERDA. Pengawasan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo berdasarkan pada dokumen lingkungan (UKL-UPL), yang kemudian dilakukan pengawasan secara langsung ke lapangan. Pengawasan tersebut telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup meliputi pengawasan terhadap ketaatan melakukan pelaporan dan pemenuhan baku mutu PT.Batik Keris, dengan hasil bahwa masih didapati temuan-temuan yang belum sesuai dengan kriteria yang diwajibkan, sehingga PT Batik Keris dianggap belum taat. Tindak lanjut dari pengawasan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo dalam rangka pemenuhan ketaatan pengelolaan limbah PT Batik Keris yaitu melalui pembinaan dengan memberikan rekomendasi atas temuan-temuan untuk dilakukan perbaikan dalam jangka waktu tertentu. Dari rekomendasi tersebut PT Batik Keris telah melakukan perbaikan atau verifikasi kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo.

 

Kata Kunci: Pengawasan, Dinas Lingkungan Hidup, Pengelolaan Limbah

 

×
Penulis Utama : Sinta Rega Fitriyana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015388
Tahun : 2019
Judul : Pelaksanaan Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo atas Pemenuhan Ketaatan Pengelolaan Limbah PT Batik Keris terhadap Peraturan di Bidang Lingkungan Hidup
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Hukum, Prodi. Ilmu Hukum - E0015388- 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pius Triwahyudi, SH.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.