Penulis Utama : Anita Yesi Permata Sari
NIM / NIP : D1416005
×

ABSTRAK

Universitas Sebelas Maret memiliki bidang studi komunikasi terapan yang tediri dari prodi Hubungan Masyarakat, Periklanan dan salah satunya Program Studi Penyiaran Diploma III yang menjurus ke bidang media pertelevisian. Komunikasi terapan menciptakan program kuliah kerja media untuk mahasiswa nya untuk mempersiapkan mahasiswanya dalam dunia kerja dan dapat bersaing dalam dunia kerja. Kuliah Kerja Media juga menjadi sarana untuk mengasah kemampuan mahasiswa pada bidang yang ditekuninya sehingga mahasiwa mampu memfokuskan bidang yang akan di pelajari kedepannya agar lebih berkembang dan dan berfikir maju.

Sewaktu melaksanakan Kuliah Kerja Media penulis memfokuskan di divisi reporter di iNews TV yang merupakan stasiun televise yang berbasis berita. Sebagai jurnalis/ reporter penulis diharuskan untuk bertanggung jawab atas pekerjaan dan komunikatif karena akan berhadapan dengan banyak narasumber dan banyak orang.

Dimasa sekarang masyarakat dapat mengakses media sosial dengan mudah, hanya dengan menggunakan jaringan internet bisa mendapatkan segala informasi dan berita yang baru sehinggal hal ini dapat mempermudah khalayak untuk menggunakan media sosial.

Dalam pelaksanaan kuliah kerja media selama kurang lebih 2 bulan di iNews TV Jakarta menjadikan penulis lebih paham akan peran reporter yang baik. Banyak pengalaman yang didapat oleh penulis selama magang di iNews, selama kuliah kerja media penulis juga dapat mengetahui secara langsung proses meliput berita, dari mencari narasumber untuk di wawancarai hingga ditayangkan di televise. iNews TV stasiun televise yang berbasis ke news cenderung banyak menampilkan program program berita yang uptodate yang masih hangat terjadi. Bisa di siarkan secara live ataupun secara siaran ulang.

Peran Reporter sendiri merupakan suatu profesi yang menekuni dunia jurnalistik yang bertugas mencari berita, mengumpulkan berita sehingga berita tersebut dapat disampikan ke masyarakat dengan kemasan yang mudah di pahami. Reporter berita diharuskan memiliki wawasan yang luas, bertutur kata yang baik, komunikatif dan dapat berbahasa dengan baik karena pada saat wawancara atau melakukan liputan reporter televise akan berhadapan secara langsung dengan orang orang besar bahkan penjabat tinggi hingga orang orang biasa sehingga hal ini menuntut penampilan reporter yang harus rapi dan sopan dan harus dapat berbicara didepan khalayak umum.

Kegiatan penulis selama kuliah kerja media mengerjakan verbatim atau timecode yang bertugas menulis kembali hasil wawancara yang telah di lakukan sebelumnya sehingga ditulis kembali kedalam tulisan untuk dijadikan naskah berita untuk diberikan kepada produser program. Selain verbatim penulis juga di ajak melakukan liputan dengan beberaopa narasumber dan mencari target narasumber yang sudah ditentukan sebelumnya untuk diwawancarai dengan topic yang sudah di tentukan oleh produser.

Kesimpulan yang di dapat dari subjek yang di ambil oleh penulis Profesionalismen Reporter dalam Produksi Berita di INEWS TV adalah reporter merupakan seorang jurnalis / wartawan aktif yang bertugas sebagai, mencari, mengumpulkan dan mengolah bahan berita dari berbagai sumber informasi, untuk di tulis serta melaporkannya melalui televisi. Tugas reporter meliput suatu kejadian atau mengumpulkan informasi untuk dijadikan sebuah berita, dan bertanggung jawab atas berita tersebut hingga berita itu dapat diterima baik oleh khalayak atau audiens. Karena reporter lah yang berperan penting dalam keberhasilan penyampaian kepadak khalayak.

Kata kunci: Reporter, Berita, Televisi

×
Penulis Utama : Anita Yesi Permata Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416005
Tahun : 2019
Judul : Profesionalisme Reporter dalam Produksi Berita di Inews TV
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Studi Diploma III Komunikasi Terapan-D1416005-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.