Penulis Utama : Endra Wibisono
NIM / NIP : C0815015
×

ABSTRAK
Batik merupakan salah satu kesenian kerajinan lukis yang terdapat di Surakarta. UNESCO selaku organisasi tertinggi di bidang kebudayaan naungan PBB mengeluarkan sertifikat yang menyebutkan bahwa batik adalah warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity) (Kusrianto, 2013: 304).
Banyaknya industri batik di Surakarta yang  menggunakan pewarna kimia pada proses produksinya berdampak buruk pada lingkungan. Untuk mewadahi batik dengan pewarna alami maka dibuat perencanaan dan perancangan Desain Interior Pusat Batik Dengan Pendekatan Konsep Natural di Surakarta sebagai wadah dan sarana menumbuhkan kesadaran bahwa sudah saatnya beralih dari penggunaan pewarna kimia ke pewarna alami.
Pusat Batik dengan Konsep Natural di Surakarta merupakan kawasan yang terdiri dari Lobby, Library, Office, Gallery, Ruang Audiovisual, Souvenir shop dan Cafe. Masyarakat dapat belajar tentang batik di gallery, ruang audiovisual dan perpustakaan atau hanya sekedar membeli souvenir dan produk batik di souvenir shop serta dapat sekedar menikmati makanan dan minuman di cafe.
Kata kunci : Batik, pewarna, alami

 

×
Penulis Utama : Endra Wibisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0815015
Tahun : 2019
Judul : Desain interior pusat batik dengan konsep natural di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Seni Rupa dan Desain -Program Studi Desain Interior-C0815015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Soepriyatmono, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.