Penulis Utama : Febriana Nur Insani
NIM / NIP : D1416018
×

ABSTRAK

Selain sandang, pangan, dan papan, kini manusia juga membutuhkan sumber informasi khususnya berita dalam daftar kebutuhannya. Untuk itu, televisi hadir untuk mengakomodir kebutuhan manusia akan informasi berita dengan format audio dan visual. Kebenaran, kelengkapan, dan kecepatan merupakan modal utama sebuah produksi berita televisi untuk menarik minat pemirsanya.

Salah satu contoh stasiun televisi Indonesia yang hadir untuk menyediakan informasi berita bagi masyarakat adalah Rajawali Televisi (RTV). Meskipun identik dengan tayangan yang ramah anak, namun Rajawali Televisi (RTV) berkomitmen untuk tetap ikut andil dalam usaha mengedukasi masyarakat melalui program  - program  berita yang diproduksi.

Karena itulah penulis memilih Rajawali Televisi (RTV) sebagai tempat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) selama 2 bulan. Dalam praktiknya penulis berkesempatan untuk belajar sekaligus merasakan langsung menjadi seorang researcher untuk program berita kriminal. Secara garis besar menjadi seorang researcher berarti bertugas membantu produser dalam mengakomodir kelengkapan informasi ( data & visual ) maupun memvalidasi data demi terciptanya berita yang bernilai dan akurat.

Melalui program Kuliah Kerja Media (KKM), penulis menyadari betapa pentingnya koordinasi antar jobdesc dalam sebuah produksi berita demi terciptanya berita yang baik namun tetap memerhatikan efisiensi waktu. Penulis juga menyadari bahwa program KKM juga bermanfaat bagi mahasiswa dalam memperluas jaringan dalam industri pertelevisian.

Kata Kunci : Televisi, Researcher, RTV

×
Penulis Utama : Febriana Nur Insani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416018
Tahun : 2019
Judul : Peran Researcher Dalam Mengakomodir Kelengkapan Informasi Program Catatan Seputar Investigasi di RTV
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Studi Diploma III Komunikasi Terapan-D1416018-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan, S.Sos, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.