Penulis Utama : Irham Hadana Saputra
NIM / NIP : C0815020
×

ABSTRAK

Keroncong merupakan kesenian musik yang berasal dari Indonesia dengan sentuhan budaya Portugis. Pada abad 19 keroncong masuk di Indonesia dan menyebar luas di seluruh Indonesia dan sempat menjadi musik yang populer pada jamannya. Keroncong mulai berkembang di daerah daerah di Indonesia khususnya Jakarta dan Surakarta. Pada masa itu, keroncong berkembang sangat pesat di Surakarta ditandai dengan bermunculan grup keroncong di tiap daerah di Surakarta dan muncul tokoh tokoh atau maestro keroncong yang berasal dari Surakarta. 
Tetapi semakin hari, minat masyarakat terhadap musik keroncong mulai menurun, hal ini ditandai dengan berkurangnya jumlah grup musik keroncong di Surakarta dan juga hilangnya atensi masyarakat terhadap pertunjukan musik keroncong. Hal ini dikarenakan tidak adanya generasi  muda yang mau melanjutkan musik keroncong karena menganggap musik keroncong sudah ketinggalan jaman dan juga membosankan.
Hal ini menjadi dasar dibuatnya pusat keroncong di Surakarta, yang bertujuan untuk melestarikan nilai nilai luhur yang ada di dalam musik keroncong dan juga sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat tentang musik keroncong. Eklektik dan  Harmony of  Keroncong diusung menjadi konsep dalam perancangan pusat keroncong ini. Harmony of Keroncong merupakan inti dari permainan musik keroncong yang kemudian diaplikasikan pada perancangan interior Pusat Keroncong di Surakarta.

Kata kunci : Keroncong, Budaya, Eklektik

×
Penulis Utama : Irham Hadana Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0815020
Tahun : 2019
Judul : Desain interior pusat keroncong di Surakarta dengan konsep eklektik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Seni Rupa dan Desain- Program Studi Desain Interior -C0815020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iik Endang Siti Wahyuningsih, S.Sn., M.Ds
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.