Penulis Utama : Aditya Mukshyi Khotijah
NIM / NIP : F3114003
×

ABSTRAK


ANALISIS STRATEGI BERSAINGAN INDUSTRI FREIGHTFORWADING  STUDI KASUS PT WISKA SEMARANG

ADITYA MUKSHYI KHOTIJAH
F3114003

Freight forwarding  di Indonesia saat ini tumbuh pesat, sehingga menyebabkan kondisi persaingan menjadi semakin ketat. Setiap perusahaan freight forwarding mulai berani menawarkan harga jasa yang sangat murah dibandingkan dengan pesaingnya. Dumping harga yang pada mulanya dimaksudkan untuk menarik perhatian eksportir, ternyata pada akhirnya terbukti tidaklah selalu tepat Keunggulan tidak hanya tercapai hanya dengan pendekatan harga dalam jangka waktu panjang, karena mulai banyak eksportir berani membayar harga mahal (premium) untuk mendapatkan layanan jasa yang terbaik. Suatu perusahaan harus bekerja keras membuat kebijakan-kebijakan strategis baru dalam menjual produk dan jasa dalam menghadapi persaingan yang ketat dengan competitor.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan internal PT WISKA dan untuk mengetahui strategi bersaing pada PT WISKA dalam menghadapi para competitor. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan dengan menggunakan data primer dan sekunder dan analisis yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian menggunakan analisis SWOT. Data primer berupa wawancara, kuisoner, observasi, dan dokumentasi sedangkan data sekunder dari buku, jurnal, artiekel, dan skripsi.

PT WISKA berada pada kuadran 1 dalam analisis SWOT yang menunjukkan suatu perusahaan kuat. Alternatif strategi pada PT WISKA dari hasil Matriks QSPM adalah startegi pengembangan pasar  dengan total nilai 5,454, strategi Integrasi Horizontal 4,732, strategi pengembangan produk 4,620, dan stretegi penetrasi pasar dengan total nilai 4,538.

Kata kunci : freight forwading, stategi bersaing, analisis SWOT

 

×
Penulis Utama : Aditya Mukshyi Khotijah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114003
Tahun : 2017
Judul : Analisis Strategi Bersaing Industri Freight Forwading Studi Kasus PT Wiska Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Perdagangan - F3114003 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ana Shohibul Manshur Al Ahmad, SE., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.