Penulis Utama : Guntur Wijanarko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615027
Tahun : 2019
Judul : Studi Tentang Fenomena Penggemar Olahraga Lari Jarak Jauh Massal Di Jawa Tengah Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Keolahragaan - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Keolahragaan-K5615027-2020
Subyek : PENGGEMAR LARI, LARI JARAK JAUH MASSAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Agar peneliti mengetahui makna menjadi penggemar olahraga lari jarak jauh di Jawa Tengah tahun 2019 dan (2) Agar peneliti mengetahui seberapa besar tingkat kegemaran masyarakat lari jarak jauh di Jawa Tengah tahun 2019.
 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah 27 penggemar lari jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode survey, untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Pengumpulan data dengan cara wawancara secara langsung menggunakan pedoman pertanyaan yang sudah tertulis yang telah mendapat persetujuan dari Ahli Bahasa Indonesia, dan mendokumentasikan setiap melakukan wawancara kepada subjek.
Hasil dari penelitian adalah kegemaran yang dimiliki tersebut dapat di lihat dari keinginan mereka berlari mempunyai motivasi tersendiri dari internal hingga eksternal. Motivasi internal seperti meningkatkan kesegaran jasmani, menjaga kesehatan, dan ingin mendapatkan pengalaman baru. Motivasi eksternal seperti memperbanyak relasi, dan meningkatkan perekonomian dengan bisnis olahraga lari. Fenomena yang timbul sebagai bentuk identitas diri, sebagai motivasi diri, dan bergabung di kelompok komunitas olahraga lari jarak jauh karena ingin membentuk relasi antar sesama. Kelompok penggemar ini lebih cenderung menunjukkan kegemaran mereka dengan hal yang positif seperti berlari untuk kepedulian masyarakat dalam membantu memenuhi hak-hak anak melalui olahraga lari. Maka olahraga lari jarak jauh menjadi suatu olahraga yang banyak digemari masyarakat menjadi gaya hidup yang positif.

Kata Kunci : Penggemar lari, lari jarak jauh massal

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarjoko Lelono, M.Kes
2. Slamet Widodo, S.Pd., M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan