Penulis Utama : Luthfi Adijaya Laksana
NIM / NIP : G0015140
×

Latar Belakang. Skills Lab merupakan metode pembelajaran yang ada di Prodi Kedokteran FK UNS. Skills Lab bertujuan untuk mengajarkan keterampilan klinis yang termasuk dalam kompetensi dokter umum kepada mahasiswa. Dalam prosesnya mahasiswa dituntut untuk memahami materi secara keseluruhan karena hal ini penting dalam menjalani profesi mereka kelak sebagai dokter umum. Namun dalam praktiknya Skills Lab berjalan dengan beberapa kekurangan seperti orientasi mahasiswa yang hanya pada OSCE, kedisiplinan instruktur dan mahasiswa, dan metode belajar yang kurang efektif. Hal ini mengarah kepada kurangnya tingkat efektifitas dari Skills Lab. Oleh karena itu peneliti ingin menggali seperti apa Skills Lab yang efektif baik dari sudut pandang instruktur dan mahasiswa.

Metode Penelitian.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang ingin menggambarkan suatu fenomena. Sampel adalah mahasiswa Prodi Kedokteran FK UNS angkatan 2017 dan instruktur Skills Lab yang menjalani Skills Lab topik yang sama. Sampel dipilih secara purposive sampling dengan jenis maximum variation sampling. Sampel mahasiswa akan diambil datanya dengan metode FGD (Focus Group Discussion). Sampel instruktur akan diambil datanya secara in-depth interview. Kedua data kemudian dianalisis dengan metode content analysis.

Hasil. Dari hasil wawancara kepada instruktur dan FGD kepada mahasiswa didapatkan bahwa terdapat persepsi yang mirip terhadap Skills Lab yang efektif. Data ini berupa tema-tema dari permasalahan penelitian yang diantaranya berupa peran instruktur dalam Skills Lab, peran mahasiswa sebagai partisipan, media pembelajaran yang menunjang Skills Lab, Hakikat dari Skills Lab, dan Manajemen Skills Lab.

Simpulan. Skills Lab yang efektif tidak hanya dipengaruhi oleh sebuah faktor. Setiap faktor yang didapatkan dari hasil penelitian saling berkesinambungan antara satu dengan yang lain. Faktor-faktor berupa peran instuktur, mahasiswa, media pembelajaran, hakikat dan manajemen Skills Lab mempunyai peran masing-masing yang memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Sehingga Skills Lab yang efektif dapaat dicapai jika memperbaiki Skills Lab secara menyeluruh dilihat dari setiap aspek.

 

×
Penulis Utama : Luthfi Adijaya Laksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015140
Tahun : 2018
Judul : Persepsi mahasiswa dan instruktur terhadap pembelajaran skills lab yang efektif
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAK. KEDOKTERAN - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. KEDOKTERAN Prog. KEDOKTERAN-G0015140-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Munawaroh, dr., M.MedEd
2. Dian Nugroho, dr., M.MedEd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.