Penulis Utama : Geby Adellestia
NIM / NIP : K7116067
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan tata bahasa di bidang sintaksis dan morfologi yang ada pada karangan narasi peserta didik kelas IV SDN Tegalsari No. 60 tahun pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan selama empat bulan di SDN Tegalsari No. 60 Kota Surakarta. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari empat bagian yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini ditemukan kesalahan di bidang morfologi dan di bidang sintaksis pada karangan narasi peserta didik kelas IV SDN Tegalsari No. 60. Kesalahan di bidang morfologi meliputi kesalahan penulisan tanda titik sebanyak 54 kesalahan, kesalahan penulisan tanda koma sebanyak 12 kesalahan, kesalahan penulisan huruf kapital ada 71 kesalahan, kesalahan penulisan kata jadian ada 43 kesalahan, kesalahan reduplikasi ada 4 kesalahan, dan kesalahan kata baku ada 15 kesalahan. Kemudian, kesalahan di bidang sintaksis meliputi kesalahan frasa sebanyak 5 kesalahan, kesalahan klausa sebanyak 6 kesalahan, dan kesalahan struktur kalimat sebanyak 46 kesalahan.

 

×
Penulis Utama : Geby Adellestia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116067
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kesalahan Tata Bahasa pada Karangan Narasi Peserta Didik Kelas IV Semester I SDN Tegalsari NO. 60 Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7116067-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Joko Daryanto, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.