Penulis Utama : Muhammad Fadli
NIM / NIP : S501102041
×

ABSTRAK

Latar Belakang. Prosedur Salter Innominate Osteotomy (SIO) telah banyak digunakan secara luas dengan kesuksesan yang sama pada jangka pendek maupun jangka panjang dalam mengobati Developmental Dysplasia of the Hip (DDH). Tujuan penelitian ini untuk menetahui karakteristik pasien dan faktor dominan yang dapat mempengaruhi keberhasilan terapi SIO pada pasien DDH.

Metode. Penelitian menggunakan studi cross sectional pada 21 pasien (4 laki-laki, 17 perempuan) DDH yang dilakukan SIO pada klinik pediatrik rumah sakit Ortopaedi Prof. dr. R. Soeharso Surakarta, paling sedikit 1 tahun, sejak Januari 2015 hingga Desember 2015. Penelitian ini dianalisis untuk menentukan apakah hasil SIO dapat mempengaruhi usia saat pertama kali operasi, indeks acetabular, derajat keparahan DDH, DDH unilateral atau bilateral dan jenis kelamin, lalu di uji dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda dan analisis regresi logistik terhadap pengukuran hasil fungsional menggunakan Harris hip score.

Hasil. Usia saat pertama kali operasi dan derajat keparahan DDH berhubungan secara signifikan dengan hasil SIO. Faktor pengaruh lainnya, seperti indeks acetabular, DDH unilateral atau bilateral dan jenis kelamin tidak memiliki hubungan secara signifikan dengan hasil SIO.

Kesimpulan. Usia saat pertama kali operasi dan derajat keparahan DDH merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan terapi SIO pada DDH, dimana usia saat pertama kali operasi merupakan faktor yang paling dominan.

Kata Kunci : DDH, SIO, Indeks acetabular, Harris hip score

×
Penulis Utama : Muhammad Fadli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501102041
Tahun : 2019
Judul : Faktor dominan yang mempengaruhi keberhasilan terapi salter innominate osteotomy pada developmental dysplasia of the hip
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - PASCA SARJANA - 2019
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-PASCA SARJANA Prog. Magister Kedokteran Keluarga-S 501102041-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Anung Budi Satriadi, Sp.OT (K)
2. Dr. Brian Wasita, Sp.PA, PhD,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.