Penulis Utama : Quamila
NIM / NIP : D1416041
×

ABSTRAK

Televisi mrupakan media massa elektronik yang segala sesuatu yang disampaikan kepada masyarakat secara sekilas, dengan maksud apa yang muncul di televisi tidak dapat diulang. Maka dari itu stasiun televisi harus berupaya sebaik mungkin agar acara yang ditayangkan pada layar televisi dapat memberikan makna yang jelas baik dalam sekilas lihat maupun sekilas dengar. Pekerja media dituntut untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat dimana program yang dibuat dan ditayangkan haruslah terdapat informasi, pendidikan, dan hiburan. Tuntutan tersebut membuat pekerja media harus dapat memberikan informasi yang memuaskan, lengkap, aktual, faktual, dan memberikan pengetahuan bagi masyarakat.

NET. Biro Jawa Barat merupakan televisi lokal yang memberikan tayangan khusus bagi masyarakat di daerah Jawa Barat. NET. Biro Jawa Barat menayangkan program berkualitas dan memberikan informasi bagi masyarakat di daerah Jawa Barat. Program yang diberikan oleh NET. Biro Jawa Barat adalah Program Redaksi NET. Jabar dimana program berita tersebut merupakan program yang memberikan informasi yang terkini di Jawa Barat. Redaksi NET. Jabar tayang setiap hari Senin – Jumat pukul 05.00 – 06.00 WIB. Tidak hanya itu NET. Biro Jawa Barat juga menayangkan tiga Program lain yaitu Risalah hati yang tayang setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00 WIB, lalu program Indonesia Bagus dan Lentera Indonesia yang tayang pukul 10.30 WIB yang tayang secara bergantian setiap harinya.

Selama melaksanakan Kuliah Kerja Media di NET. Biro Jawa Barat, penulis ditempatkan pada program Redaksi NET Jabar sebagai Editor. Peran seorang editor dalam proses produksi sangatlah penting dimana editor diwajibkan menyusun file hasil dari proses liputan dan pengisian narasi menjadi satu agar dapat menjadi sebuah berita yang utuh. Editor diharuskan menjadi seorang yang kreatif dalam menyusun gambar dan audio agar dapat menarik dan membuatnya menjadi cerita yang utuh dan dapat dimengerti oleh khalayak.

Dari kegiatan Kuliah Kerja Media penulis dapat merasakan bagaimana dunia pekerjaan sesungguhnya dan dapat meningkatkan kemampuan penulis dalam menajalani dunia kerja penyiaran. Penulis juga mendapatkan kesempatakn untuk dapat belajar apa yang belum pernah dirasakan pada saat dibangku perkuliahan.

Kata kunci: Net. TV, Televisi, Produksi Penyiaran

×
Penulis Utama : Quamila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416041
Tahun : 2019
Judul : Proses Produksi dan Penyiaran Program “Redaksi NET Jabar” di NET Biro Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Studi Diploma III Komunikasi Terapan-D1416041-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.