Penulis Utama : Rahma Aulia
NIM / NIP : D1816075
×

ABSTRAK

Kuliah Kerja Pusdokinfo atau magang yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat pada masa kuliah untuk diterapkan secara langsung di lapangan, serta untuk menambah wawasan dan pengalaman latihan kerja untuk masa yang akan datang.

Hasil dari pelaksanaan magang penulis memiliki minat untuk membahas mengenai sistem keamanan koleksi, hal ini berkaitan dengan penggunaan sistem keamanan koleksi yang sudah diterapkan oleh UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro. Sistem keamanan perpustakaan merupakan suatu upaya yang diterapkan oleh perpustakaan untuk mencegah penyalahgunaan oleh pemustaka dalam peminjaman koleksi di perpustakaan. Pencegahan penyalahgunaan koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro bisa dikatakan sudah memperhatikan tiga aspek, yaitu: (1) Keamanan fisik bangunan bisa dilihat dari pertimbangan penempatan ruangan, tata letak di dalam ruangan, dan staf keamanan. (2) Penggunaan teknologi keamanan, seperti barcode, RFID, pita magnetik, CCTV dan security gate. (3) Kebijakan keamanan yang diterapkan berupa pembuatan banner mengenai prosedur peminjaman dan pengembalian koleksi, himbauan mengenai sanksi dalam keterlambatan pengembalian koleksi, serta peringatan yang ditempel dibagian pintu masuk ruang layanan koleksi.

Sistem keamanan koleksi yang sudah diterapkan memiliki kekurangan seperti kurangnya penjagaan pada pintu masuk perpustakaan, hal itu berkaitan dengan security gate yang dipasanghanya sebagian dari pintu masuk, tidak menyadarinya pemustaka terhadap himbauan yang di tempel ataupun di pasang. Kekurangan itu bisa mendorong penyalahgunaan oleh pemustaka sehingga pemustaka lalai dalam melakukan proses peminjaman koleksi.

Saran yang dapat penulis sampaikan agar dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro sebaiknya penambahan pemasangan CCTV di luar ruangan koleksi seperti ruang baca yang berada di depan ruangan koleksi hal itu berkaitan dengan tidak adanya security gate di pintu ruang koleksi, penambahan staf pada bagian pintu masuk utama perpustakaan, pembuatan himbauan dan peringatan supaya lebih jelas dan terlihat agar pemustaka mengetahui himbauan tersebut.

Kata kunci: Keamanan, CCTV, Perpustakaan, UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro

×
Penulis Utama : Rahma Aulia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816075
Tahun : 2019
Judul : Sistem Keamanan Peminjaman Koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Diploma III Perpustakaan-D1816075-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Retno Subardiyati, S.Sos, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.