Penulis Utama : Lia Ulfa Sholichatun
NIM / NIP : D1816057
×

ABSTRAK

Penulis tugas akhir bertujuan untuk memaparkan bagaimana pengolahan bahan pustaka khususnya buku di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro tahun 2019. Pengolahan bahan pustaka adalah kegiatan diperpustakaan yang dimulai dari pemeriksaaan koleksi atau pustaka atau buku yang baru datang sampai kepada buku atau pustaka tersebut siap disajikan dan disusun dalam raknya guna dimanfaatkan oleh penggunanya.

Pengolahan bahan pustaka UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro dilakukan di lantai empat Komplek Gedung Widya Purawa, Jl. Prof Sudharto SH, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang. Jumlah buku yang telah diolah sampai saat ini mencapai 110.329 eksemplar. Proses klasifikasi bukunya menggunakan Dewey Decimal Clasification (DDC) 23 volume 1 dan volume 2 yang telah menggunakan bahasa inggis dan tajuk subjek buku.

Pengolahan bahan pustaka khususnya buku terdiri dari beberapa tahap. Proses pengolahan bahan pustaka setiap perpustakaan memiliki tahap dan kriteria tersendiri yang dianggap paling efisien dan cepat. Proses pengolahan bahan pustaka buku di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro terdiri dari enam tahap. Tahap pertama adalah pengecekan buku datang, tahap kedua adalah pemberian stampel buku, tahap ketiga adalah inventarisasi, tahap keempat adalah katalogisasi yang didalamnya terdapat berbagai proses salah satunya adalah klasifikasi buku, tahap kelima adalah input data bibliografis dan pencetakan, dan tahap keenam adalah labeling dan penyelesaian.

Kata kunci: bahan pustaka, pengolahan

×
Penulis Utama : Lia Ulfa Sholichatun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816057
Tahun : 2019
Judul : Pengolahan Bahan Pustaka Khususnya Buku di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Diploma III Perpustakaan-D1816057-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anggita Sari Pramiardani, S.S, M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.