Penulis Utama : Wahyu Rizqiyatun Awalina
NIM / NIP : D1816109
×

ABSTRAK

Kuliah Kerja Pusdokinfo yang dilakukan di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro ini untuk memenuhi Tugas Akhir Program Diploma III Perpustakaan FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pelaksanaan Kuliah Kerja Pusdokinfo ini dilaksanakan pada tanggal 18 Februari sampai 12 April 2019. Layanan koleksi serial dan referensi merupakan layanan yang berisi koleksi serial dan referensi yang dijadikan satu layanan di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui layanan koleksi serial dan referensi di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro serta kendala yang dihadapi dan cara mengatasi kendala tersebut. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan tugas akhir ini meliputi: metode observasi, metode wawancara, dan metode studi pustaka.

Hasil yang didapat dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa dalam layanan koleksi serial dan referensi di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro terdapat berbagai penunjang di layanan ini, yaitu 1) Ketentuan layanan koleksi serial dan referensi 2) Prosedur pemakaian layanan koleksi serial dan referensi 3) koleksi yang ada di layanan koleksi serial dan referensi 4) Sarana dan prasarana 5) statistic pengunjung. Kendala yang dihadapi di layanan koleksi serial dan referensi adalah 1) Kurangnya tenaga pustakawan 2) Belum mempunyai tempat fotokopi sendiri 3) Kurangnya rak display untuk majalah dan jurnal. Sedangkan cara untuk menghadapi kendala tersebut adalah 1) Pustakawan harus bekerja ekstra dengan keterampilannya dan kecekatannya 2) Dengan membuat jasa titip fotokopi 3) Buku yang terbitan lama disimpan di rak yang berbeda. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada UPT Perpustakaan Undip adalah 1) Sebaiknya ada penambahan pustakawan terutama yang mempunyai latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan 2) Menyediakan tempat fotokopi tersendiri 3) Menambah jumlah display jurnal dan majalah.

Kata Kunci: Perpustakaan, Layanan Perpustakaan, Layanan Koleksi Serial dan Referensi, Perpustakaan Universitas Diponegoro

×
Penulis Utama : Wahyu Rizqiyatun Awalina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816109
Tahun : 2019
Judul : Layanan Koleksi Serial dan Referensi di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Diploma III Perpustakaan-D1816109-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Sutarno, S.Sos
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.