Penulis Utama : Cindy Rizkya Putri Wiyasa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816030
Tahun : 2019
Judul : Pelestarian Koleksi Local Content di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Diploma III Perpustakaan-D1816030-2019
Subyek : LOCAL CONTENT, PERPUSTAKAAN, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR, KOLEKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kuliah Kerja Pusdokinfo (KKP) atau magang merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa semester 6 (enam) guna memenuhi persyaratan kelulusan serta memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md) pada program Diploma III Perpustakaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulis memilih lokasi magang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang beralamat di Jalan Menur Pumpungan No.32 Surabaya, 60118. Magang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari – 8 April 2019.

Alasan penulis memilih Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur sebagai lokasi magang karena Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur merupakan perpustakaan yang memiliki koleksi local content yang lengkap, di mana koleksi tersebut berisi tentang informasi mengenai Jawa Timur ataupun Kabupaten/Kota yang berada di Jawa Timur. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk penulis melaksanakan kegiatan magang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini untuk mendeskripsikan kegiatan pelestarian koleksi local content yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur serta menjelaskan hambatan serta solusi yang dilakukan.

Pelestarian bahan pustaka adalah kegiatan memelihara, memperbaiki, mengelola bahan pustaka yang berguna untuk menjaga koleksi serta informasi yang berada di dalamnya, dengan tujuan melestarikan kandungan infomasi bahan pustaka dengan alih bentuk menggunakan media lain atau melestarikan bentuk aslinya selengkap mungkin untuk digunakan secara optimal.

Pelestarian koleksi local content yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mementingkan pelestarian pada kegiatan perawatan dan perbaikan koleksi dalam bentuk fisik dan pelestarian koleksi dalam bentuk informasi. Hambatan yang dihadapi dalam kegiatan pelestarian ini yaitu dalam hal anggaran karena tidak adanya anggaran khusus untuk pelestarian koleksi local content, sumber daya manusia (SDM) yang masih sangat kurang memiliki tenaga ahli dalam bidang pelestarian bahan pustaka, dan dalam hal sarana prasarana sebab masih kurangnya perangkat sistem penyimpanan CD/DVD dan hardisk serta alat alihmedia yang dimiliki. Untuk mengatasi hambatan dalam kegiatan pelestarian koleksi local content, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mempunyai cara yaitu dengan pengajuan rencana program penguatan dan pengembangan untuk koleksi local content dan preservasi.

Kata kunci: Local content, Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Koleksi

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
CINDY R P W.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat Setiawan Saefullah, S.S, M.I.kom
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP