Penulis Utama : Sari Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816089
Tahun : 2019
Judul : Pengolahan Koleksi Bahan Pustaka Buku Teks Anak di Perpustakaan Ganesa Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Diploma III Perpustakaan-D1816089-2019
Subyek : PERPUSTAKAAN, BAHAN PUSTAKA, BUKU
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Pusdokinfo (KKP) atau magang di Perpustakaan Ganesa Sukoharjo karena Perpustakaan Ganesa termasuk perpustakaan umum dan dibangun oleh warga negara asing yang berasal dari Amerika Serikat. Serta memiliki program-program kerja seperti storytelling, GOLD, GES dan program kerja lainnya.

Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, dengan koleksi yang bersifat umum, bahkan lazim dikelola dan didanai oleh masyarakat itu sendiri. Perpustakaan umum merupakan tempat di mana masyarakat dapat memperoleh informasi. Perpustakaan umun yang memiliki hubungan paling dekat dan erat dengan masyarakat umum. Perpustakaan umum memberikan layanan tanpa membedakan asal keturunan, pangkat, jabatan, suku bangsa, adat kebiasaan, politik, latar belakang pendidikan, maupun keadaan sosial ekonomi. Perpustakaan umum adalah lembaga nir-laba (non-profit organization) yang hanya melayani kebutuhan informasi masyarakat. Dana untuk pengelolaan berasal dari masyarakat baik secara langsung dan tidak langsung.

Pengolahan bahan pustaka merupakan kegiatan pengorganisasian bahan pustaka yang dimulai dari pemeriksaan bahan pustaka yang baru diterima di perpustakaan hingga penempatannya pada rak-rak yang telah disediakan.

Hasil Pelaksanaan Kuliah Kerja Pusdokinfo (KKP) penulis mendapatkan pengalaman dan wawasan dari pustakawan diantaranya : (1) Lebih mengetahui bagaimana cara mengolah bahan pustaka yang benar. (2) Lebih mengetahui bagaimana berinteraksi dengan anak-anak saat story telling. (3) Lebih mendalami program automasi Slim. (4) Lebih paham bagaimana melayani pustakawan dengan ramah, sopan dan santun.

Proses pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Ganesa Sukoharjo diantaranya : (1) Penghitungan buku yang sudah di beli. (2) Mengecekan buku atau pemilihan buku. (3) Inventarisasi. (4) Penentuan call number. (5) Input data ke sistem Slim.(6) Pemberian kelengkapan kode buku anak. (7) Pemberian sampul. (8) display.

Kata kunci: Perpustakaan, Bahan pustaka, Buku

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SARI U.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Retno Subardiyati, S.Sos, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP