Penulis Utama : Agus Tyarasandi
NIM / NIP : C1014001
×

ABSTRAK

Penelitian ini membahas unsur intrinsik yang terdapat dalam teks cerpen Lailah Al-Qahri Karya Layl? Al-‘Uthm% dan menggunakan teori struktural model Farh?d, dan meneliti aspek-aspek sosial yang ada di dalam cerpen dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra menurut teori yang dikemukakan oleh Faruk, Sapardi Djoko Damono, dan Nyoman Kutha Ratna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk menguraikan unsur intrinsik cerpen dan menjelaskan adanya aspek-aspek sosiologi sastra yang terdapat pada teks cerpen Lailah Al-Qahri Karya Layl? Al-‘Uthm% dan.
Hasil dari penelitian ini adalah cerpen Lailah Al-Qahri Karya Layl? Al-‘Uthm% dan memiliki lima unsur instrinsik cerpen antara lain: al-Chik?yah (peristiwa), a'sy-Syakhshiyy?t (tokoh dan penokohan), al-Chabkah (alur), a'z-Zam% dan wal-Mak% dan (latar), dan al-Fikrah (gagasan). Adapun aspek sosial yang terdapat pada cerpen ada tiga aspek, yaitu aspek moral dan etika, aspek ekonomi, dan aspek cinta kasih. Aspek moral dan etika, terdiri dari moral dan etika baik dan buruk. Moral dan etika baik terdiri dari: berterima kasih, mengingatkan pada hal yang baik, dan dermawan. Sedangkan moral dan etika buruk terdiri dari: berselingkuh, mabuk, bersikap kasar, meminta imbalan lebih, menatap dengan tatapan merendahkan, membuka dan menggunakan barang orang lain tanpa izin, dan tidak menghargai usaha orang lain. Aspek ekonomi membahas tentang kesenjangan sosial yang terdapat pada cerita. Aspek cinta kasih membahas cinta kasih terhadap keluarga.

Kata kunci : Teori struktural, sosiologi sastra, Lailah Al-Qahri, aspek sosial

 

×
Penulis Utama : Agus Tyarasandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1014001
Tahun : 2019
Judul : Aspek Sosial Cerpen Lailah al-Qahri Karya Layla al-‘Utsman dalam Antologi Cerpen Modern Arabic Short Stories : a Bilingual Reader (Kajian Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Arab-C1014001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Afnan Arummi, S.H.I., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.