Penulis Utama : Fatmawati
NIM / NIP : K7615022
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui  pengaruh kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, 2) mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, dan 3) mengetahui pengaruh kontinuitas belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa  kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik  pengambilan sampel adalah  proporsionate random sampling. Jumlah sampel sebanyak 147 responden. Teknik pengumpulan data adalah angket  dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian  menunjukkan persamaan regresi berganda sebesar Y = 15,928 + 0,274X1 + 0,322X2. Koefisien regresi bernilai  positif artinya kontinuitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa  (1) kontinuitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa,  (2) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) kontinuitas belajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kontinuitas belajar siswa serta didukung dengan fasilitas yang baik, maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan saran bagi siswa lebih meningkatkan keteraturan dalam belajar dan mampu memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang telah disediakan oleh sekolah. Guru hendaknya rutin memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan keteraturan dalam belajar dan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dengan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas. Pihak sekolah perlu mengadakan kerja sama dengan orang tua atau wali siswa agar lebih memperhatikan aktivitas belajar siswa ketika berada di rumah serta memperhatikan kelengkapan sumber-sumber bacaan bagi siswa.

Kata kunci : Kontinuitas Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar.

 

×
Penulis Utama : Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615022
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Kontinuitas Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur. Pendidikan Ekonomi-K7615022-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si.
2. Salman Alfarisy Totalia, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.