Penulis Utama : Chania Hasna Afifah
NIM / NIP : K7615015
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh kreativitas terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta, (2) pengaruh berpikir kritis terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta, (3) pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta, (4) pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta. (5) pengaruh proses pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuatitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 175 peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 117 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis menggunakan SPSS versi 23.0 dan untuk uji hipotesis dengan path analysis menggunakan Lisrell 8.80.
    Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kreativitas berpengaruh secara langsung terhadap proses pembelajaran sebesar 71%, (2) berpikir kritis berpengaruh secara langsung terhadap proses pembelajaran sebesar 20%, (3) kreativitas berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar  25%, (4) berpikir kritis berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar sebesar 21%, (5) proses pembelajaran berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar sebesar 62%.

Kata kunci : Kreativitas, berpikir kritis, proses pembelajaran, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Chania Hasna Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615015
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Kreativitas, Berpikir Kritis dan Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur. Pendidikan Ekonomi-K7615015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, M.M.
2. Sudarno, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.