Penulis Utama : Reza Priambodo
NIM / NIP : C0815033
×

ABSTRAK

Persija merupakan salah satu klub sepakbola tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1928. Persija juga merupakan klub sepakbola yang bersejarah dan cukup berprestasi, tercatat Persija pernah memenangi sembilan piala era perserikatan dan yang terakhir adalah piala liga 1 pada tahun 2018. Persija juga salah satu klub yang menggagasi berdirinya PSSI yaitu induk  organisasi sepakbola Indonesia bersama PERSEBAYA Surabaya, PERSIB Bandung, PERSIS Solo, PSM Madiun, PPSM Magelang, dan PSIM Yogyakarta. Bisa dikatakan Persija merupakan saksi perkembangan sepakbola di Indonesia.
Persija juga merupakan klub dengan jumlah basis supporter yang besar. Supporter Persija atau biasa yang disebut The Jak Mania dikenal dengan fanatismenya yang tinggi dan selalu hadir dimanapun Persija bertanding, baik ketika di Jakarta maupun ketika bertandang ke luar Jakarta. Saat Persija bertandang ke luar Jakarta sebagian supporter yang tidak bisa datang ke stadium kerap mengadakan nonton bareng dengan sesama pendukung Persija lainnya.
Menjadi klub besar yang berprestasi dan bersejarah namun kedua hal tersebut tidak sebanding dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak klub untuk supporternya. Contohnya soal pengarsipan sejarah klub yang kurang diperhatikan, lalu belum adanya fasilitas penyimpanan trofi yang telah diraih oleh Persija. Selain itu belum adanya merchandise store dalam skala yang besar dan menjual berbagai produk orisinil keluaran klub.

Kata Kunci : Persija, The Jak Mania, Supporter

 

×
Penulis Utama : Reza Priambodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0815033
Tahun : 2019
Judul : Desain Interior Persija Supporter Center dengan Konsep Modern di Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Desain Interior-C0815033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. IF. Bambang S, SK. M.T. Arch
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.