Penulis Utama : Zahrotun Hanifah
NIM / NIP : S891702030
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengeksplorasi bagaimana collaborative writing diimplementasikan dalam mata kuliah academic writing di jurusan Hubungan Internasional UNS dan (2) mengungkapkan kesulitan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan collaborative writing. Metode penelitian ini adalah studi kasus.
Penelitian ini dilaksanakan di jurusan Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret pada tahun akademik 2017/2018. Partisipan dalam penelitian ini adalah dosen mata kuliah academic writing dan tiga mahasiswa yang dipilih dengan kriteria. Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa, informan, dan dokumen pengajaran. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data kemudian dianalisis menggunakan model interaktif yang diusulkan oleh Miles, Huberman & Saldana yang mencakup tiga langkah analisis data yaitu; pengumpulan data, tampilan data, reduksi data, dan penarikan / verifikasi kesimpulan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa prosedur collaborative writing yang diterapkan dalam  mata kuliah academic writing di jurusan Hubungan Internasional UNS terdiri dari pembentukan kelompok, menentukan topik, membuat outline, menyusun, mengedit, dan menyerahkan. Selain itu, baik dosen dan mahasiswa menghadapi kesulitan dalam pelaksanaan penulisan kolaboratif. Masalah yang dihadapi oleh dosen adalah dalam hal mengelola kelas agar tetap kondusif dan dalam mengajar siswa untuk membuat kalimat yang baik. Sementara itu, masalah yang dihadapi oleh siswa adalah anggota yang tidak kooperatif, menegosiasikan berbagai ide dan pemikiran, menyusun draft mentah, dan menggunakan kosa kata akademik. Pada dasarnya, penyebab utama kesulitan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa adalah ukuran kelas yang terbilang sangat besar untuk kelas writing dimana kelas tersebut  dihadiri oleh 63 siswa.

Kata kunci: Penulisan Kolaborasi, Penulisan Akademik, Studi Utama Non-Bahasa Inggris, Studi Kasus

 

×
Penulis Utama : Zahrotun Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891702030
Tahun : 2019
Judul : The Use Of Collaborative Writing In Teaching Academic Writing For Non-English Major Students (A Case Study at a Non-English Department of a State University in Surakarta in the Academic Year of 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS=Pascasarjana-Program Pendidikan Bahasa Inggris-S891702030-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suparno, M.Pd
2. Dr. Slamet upriyadi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.