Penulis Utama : Syifa Rahma Alisiyah
NIM / NIP : I0115108
×

ABSTRAK

Syifa Rahma Alisiyah, 2019, Perbandingan Tegangan - Regangan Beton HVFA - SCC (Kadar Fly Ash 50%) pada Pembebanan Uniaksial Tekan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pemanfaatan  limbah  fly  ash  dari  sisa  pembakaran  batu  bara  dapat  digunakan dalam inovasi beton karena ukurannya yang kecil sebagai subtituen semen dan filler dengan proporsi ?50%. Fly ash mengandung silika (SiO2) tinggi yang berfungsi sebagai pozolan yang dapat mengikat hasil sisa reaksi hidrasi semen dengan air berupa kristal Ca(OH)2 menjadi gel CSH yang dapat menambah kekuatan  beton,  inovasi  tersebut  dikenal  sebagai  beton  High Volume  Fly Ash (HVFA). Penggunanaan bahan tambah lain berupa superplasticizer agar beton dapat memadat sendiri bertujuan untuk mengatasi permasalahan terbentuknya rongga pada beton bertulang, inovasi tersebut dikenal sebagai beton Self Compacting Concrete (SCC). Apabila inovasi tersebut dikombinasikan dapat disebut sebagai  beton  HVFA-SCC. Penelitian  ini mengkaji  tegangan-regangan dan kuat tekan beton HVFA-SCC terhadap beton normal. Dari kurva tegangan - regangan dikaji pula modulus elastisitas, daktilitas, dan toughness. Untuk menguji keakuratan data, dilakukan pemodelan menurut persamaan beberapa peneliti yang pernah ada.

Metode  yang  dipakai  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  eksperimen,  sampel yang digunakan adalah beton HVFA-SCC kadar fly ash 50% dan beton normal sebagai pembanding. Benda uji berbentuk silinder dengan ukuran 150 mm x 300 mm terdiri dari 5 sampel usia 28 hari.

Hasil  penelitian  menumjukkan  bahwa  beton  HVFA-SCC  memiliki  kuat  tekan lebih besar 28% dibandingkan dengan beton norma. Daktilitas menunjukkan sifat beton normal lebih liat dibandingkan beton HVFA - SCC. Penyebaran energi HVFA-SCC  lebih  baik,  dibuktikan  dengan  nilai  toughness  HVFA-SCC  lebih besar dari pada beton normal. Pemodelan kurva tegangan-regangan secara eksperimen dan teoritis berdasarkan Eq. Samani lebuh akurat dari pada CEB Model.

Kata kunci      : fly ash, HVFA-SCC, tegangan, dan regangan.

×
Penulis Utama : Syifa Rahma Alisiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115108
Tahun : 2019
Judul : Perbandingan Tegangan-Regangan Beton HVFA-SCC (Kadar Fly Ash 50%) dan Beton Normal Pada Pembebanan Uniaksial Tekan
Edisi : 2019
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jur. Sipil-I0115108-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setiya Budi S.T, M.T.
2. Dr. Endah Safitri S.T, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.