Penulis Utama : Esthi Anita Rahmawati
NIM / NIP : K7414020
×

ABSTRAK

Esthi Anita Rahmawati. K7414020. PENGARUH PENERAPAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE  TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan kombinasi model Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2017/ 2018 yang meliputi Kelompok  X, XI, dan XII. Sampel yang terpilih adalah kelompok  X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling (Area Sampling). Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji prasyarat analisis dan uji hipotesis). Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan kombinasi model Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai uji t = 16,333 (p = 0,000). Siswa yang belajar melalui kombinasi model Problem Based Learning dan Think Pair Share memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar melalui model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan kombinasi model Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Akuntansi.


Kata Kunci : Problem Based Learning, Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis

   

×
Penulis Utama : Esthi Anita Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414020
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Problem Based Learning dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Akuntansi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP -Jur. Pendidikan Ekonomi BKK Akuntansi - K7414020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M. Pd
2. Sri Sumaryati, S. Pd, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.