Penulis Utama : Mutiah Vianingrum
NIM / NIP : H0414032
×

Mahasiswa dan lulusan Fakultas Pertanian merupakan generasi yang diharapkan berkontribusi dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Lulusan yang baik adalah lulusan yang kompeten di bidangnya, yang mau bekerja di sektor pertanian, dan memiliki kesiapan kerja. Mahasiswa tingkat akhir merupakan calon lulusan yang kemudian akan memasuki dunia kerja, pada umumnya mahasiswa tingkat akhir mulai berpikir tentang masa depannya mengenai pekerjaan yang akan dipilihnya setelah lulus dari perguruan tinggi. Perlu adanya kesiapan dalam bekerja karena aktivitas bekerja tidaklah mudah, semua jenis pekerjaan perlu dipersiapkan terlebih dahulu termasuk pekerjaan di sektor pertanian. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan guna mencapai kesiapan kerja yang tinggi, baik dari dalam maupun luar diri. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan tersebut perlu diketahui pengaruhnya terhadap kesiapan kerja, sehingga lebih optimal dalam mempersiapkannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi responden berdasarkan minat, motivasi kerja, pengalaman magang, informasi dunia kerja, dukungan orang tua, dan kesiapan kerja mahasiswa pertanian di sektor pertanian; menganalisis pengaruh dari minat, motivasi kerja, pengalaman magang, informasi dunia kerja, dan dukungan orang tua secara simultan atau bersama-sama terhadap kesiapan kerja mahasiswa pertanian di sektor pertanian; dan menganalisis pengaruh dari minat, motivasi kerja, pengalaman magang, informasi dunia kerja, dan dukungan orang tua secara parsial atau sendiri-sendiri terhadap kesiapan kerja mahasiswa pertanian di sektor pertanian. Penelitian ini dilakukan di empat perguruan tinggi di Kota Surakarta yaitu Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP), Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI), dan Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan responden sebanyak 85 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Distribusi responden berdasarkan minat, motivasi kerja, pengalaman magang, informasi dunia kerja, dan kesiapan kerja mahasiswa pertanian di sektor pertanian sebagian besar berada pada kategori tinggi, sedangkan distribusi responden berdasarkan dukungan orang tua sebagian besar berada pada kategori sangat tinggi; (2) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari minat, motivasi kerja, pengalaman magang, informasi dunia kerja, dan dukungan orang tua secara simultan atau bersama-sama terhadap kesiapan kerja mahasiswa pertanian di sektor pertanian; (3) Motivasi kerja dan dukungan orang tua secara parsial atau sendiri-sendiri mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa pertanian di sektor pertanian, sedangkan minat, pengalaman magang, informasi dunia kerja secara parsial atau sendiri-sendiri tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa pertanian di sektor pertanian.

 

×
Penulis Utama : Mutiah Vianingrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0414032
Tahun : 2019
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja mahasiswa pertanian di sektor pertanian
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0414032-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bekti Wahyu Utami, S.P., M.Si.
2. Arip Wijianto, S.P, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.