Penulis Utama : Gita Apriani Nur Arofah
NIM / NIP : K7615026
×

ABSTRAK


Gita Apriani Nur Arofah, K7615026, IMPLEMENTASI PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK WILAYAH KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Agustus, 2019.
    Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK wilayah Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2018/2019, (2) untuk mengetahui faktor yang memengaruhi pelaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK wilayah Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2018/2019.
    Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif. Informan yang digunakan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, guru, komite sekolah, siswa, dan masyarakat lingkungan sekolah. Teknik sampel yang digunakan adalah snowball sampling. Penelitian ini mengunakan validitas data yaitu triangulasi yang meliputi triangulasi data. Analisa data yang dilakukan adalah analisa interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah dilihat dari tiga sisi yaitu input, proses, dan output. Ketiga sisi ini telah dilakukan oleh kelima SMK di wilayah Kecamatan Karanganyar dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kinerja sekolah; (2) Terdapat faktor yang menghambat berjalannya Manajemen Berbasis Sekolah yaitu terbatasnya Sumber Daya Manusia yang tidak di manfaatkan dengan baik oleh sekolah. Hal itu dibuktikan dengan SDM yang ada di lima sekolah kurang memahami pentingnya manajemen sekolah.


Kata kunci: manajemen berbasis sekolah, manajemen sekolah, implementasi, kinerja sekolah.

 

×
Penulis Utama : Gita Apriani Nur Arofah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615026
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Wilayah Kecamatan Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP -Jur. Pendidikan Ekonomi - K7615026-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Aniek Hindrayani, S.E, M.Si
2. Jonet Ariyanto Nugroho, M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.