Penulis Utama : Aisyah Herawati
NIM / NIP : R0215004
×

Abstrak

Latar Belakang : Gangguan muskuloskeletal merupakan salah satu risiko penyakit akibat kerja yang dapat terjadi di sektor pertanian. Hasil Riset Kesehatan Dasar Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Republik Indonesia (2013) menunjukkan bahwa prevalensi tertinggi gangguan muskuloskeletal terkait pekerjaan adalah pada petani/nelayan/buruh yaitu 31,2%. Gangguan muskuloskeletal dapat disebabkan oleh gerakan berulang. Gerakan berulang yang dilakukan secara terus-menerus tanpa istirahat yang cukup akan menimbulkan keluhan rasa sakit dan nyeri pada muskuloskeletal. Terdapat
gerakan berulang di sektor pertanian pada proses mencangkul, sehingga petani berpotensi untuk mengalami keluhan muskuloskeletal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gerakan berulang dengan keluhan musculoskeletal pada petani dengan pekerjaan mencangkul.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Populasi adalah 94 petani laki-laki berusia 25-50 tahun di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar dan diambil sampel sebanyak 55 responden. Penelitian ini menggunakan penghitung digital, timer, dan video recorder untuk menghitung gerakan berulang serta kuisioner Nordic Body Map (NBM) untuk menilai keluhan muskuloskeletal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment pearson.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa 55 petani laki-laki dengan umur ratarata 45.2 tahun, masa kerja rata-rata 26.4 tahun, kebiasaan merokok rata-rata 1.4 batang/hari, ukuran tubuh normal rata-rata 22 kg/m2, melakukan gerakan berulang dalam mencangkul dengan rata-rata frekuensi pengulangan 38.4 gerakan/menit, dan mengalami keluhan muskuloskeletal dengan rata-rata total skor penilaian Nordic Body Map (NBM) adalah 32.6. Hasil penelitian menunjukkan p value = 0.316 (p>0.05), yang artinya tidak terdapat hubungan yang bermakna antara gerakan berulang dengan keluhan muskuloskeletal.
Simpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara gerakan berulang dengan keluhan muskuloskeletal.
Kata Kunci : Gerakan Berulang, Keluhan Muskuloskeletal, Petani

×
Penulis Utama : Aisyah Herawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215004
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Antara Gerakan Berulang dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Petani di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tutug Bolet Atmojo, S.KM, M.Si
2. RAJ Sri Wulandari, dr., M. Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.