Penulis Utama : Muhammad Imron Praza Mulyadana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612055
Tahun : 2019
Judul : Analisis Biomekanika terhadap Tingkat Keberhasilan Teknik Tembakan Jump Shot pada Olahraga Bola Basket
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga - K5612055 - 2019
Subyek : ANALISIS BIOMEKANIKA, JUMP SHOT, BOLA BASKET
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Muhammad Imron Praza Mulyadana. K5612055. ANALISIS BIOMEKANIKA TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN TEKNIK TEMBAKAN JUMP SHOT PADA OLAHRAGA BOLA BASKET. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2019.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Analisis Biomekanika Terhadap Tingkat Keberhasilan Teknik Tembakan Jump Shot Pada Olahraga Bola Basket.
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus dengan rancangan tes dan analisis gerak untuk mengumpulkan data hasil tembakan jump shot. Pada penelitian ini subjek penelitiannya adalah 4 (empat) orang pemain pada tim basket puteri Unit Bola Basket Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan tes tembakan jump shot dengan konsep B.E.E.F. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengn menggunakan perangkat lunak Kinovea untuk menganalisis gerakan pada saat melakukan teknik tembakan jump shot.
Hasil Peneitian ini menunjukkan bahwa dari 4 subjek penelitian yang melakukan jump shot sebanyak 40 tembakan jump shot diperoleh tingkat keberhasilan sebesar 77,5% atau sebanyak 31 jump shot yang masuk ke keranjang. Dari hasil tembakan jump shot yang berhasil dari jarak kurang lebih 4 meter didapatkan sudut kaki persiapan berada diantara 106°-138°, sudut siku persiapan berada diantara 58°-90°, tinggi lompatan berada diantara 0,20-0,32 meter dan sudut lemparan berada diantara 46° - 55°.
Dari hasil penelitian ini kesimpulan yang didapat yaitu jump shot yang paling baik dan efektif dari segi biomekanika pada jarak kurang lebih 4 meter untuk pemain yang memiliki tinggi dibawah 165cm sudut pada kaki berada diantara 106°-119°, tinggi lompatan kurang lebih 0,24 meter, sudut siku kurang lebih mendekati 90° akan menghasilkan sudut lemparan antara 50°-55° yang akan berpengaruh pada tinggi maksimum dan kecepatan bola untuk menghasilkan tingkal keberhasilan jump shot  yang maksimal. Dan untuk pemain dengan tinggi diatas 165cm sudut pada kaki berada diantara 120°-130°, tinggi lompatan kurang lebih 0,28 meter, sudut siku kurang lebih mendekati 90° dan akan menghasilkan sudut lemparan antara 48°-52° yang akan berpengaruh juga pada tinggi maksimum dan kecepatan bola untuk menghasilkan tingkat keberhasilan jump shot  yang maksimal.


Kata kunci: Analisis Biomekanika, Jump Shot, Bola Basket

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fadilah Umar, S.Pd., M.Or.
2. Dr. Haris Nugroho, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan