Penulis Utama : Ronadeva Zahra Aktavisenda
NIM / NIP : G0013206
×

ABSTRAK


Ronadeva Zahra Aktavisenda, G0013206, 2019. Hubungan Kualitas Tidur terhadap Kejadian Hipertensi pada Petugas Keamanan di Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Petugas keamanan merupakan jenis pekerjaan yang menerapkan kerja shift dengan sistem penjadwalan pada periode tertentu. Salah satu risiko sistem kerja shift adalah berubahnya irama sirkadian pada pekerja. Perubahan sirkadian dapat menyebabkan gangguan tidur dan berpengaruh terhadap terjadinya hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan kejadian hipertensi pada petugas keamanan di Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Metode: Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu petugas keamanan yang berumur 18 tahun ke atas baik laki-laki maupun perempuan sebanyak 127 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Responden yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteria eksklusi diukur berat dan tinggi badan serta tekanan darahnya. Kualitas tidur diukur dengan cara mengisi kuisioner Pitssburgh Sleep Quality Index (PSQI). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan uji Chi Square dengan program SPSS 16.0 for windows.

Hasil: Kualitas tidur petugas keamanan yang termasuk kategori “buruk” sebanyak 114 orang (89,67%) dan sisanya 13 orang termasuk kategori “baik”. Petugas keamanan yang menderita hipertensi sebanyak 59 orang (46,46%) terdiri atas hipertensi derajat-1 = 54 orang dan hipertensi derajat-2 = 5 orang. Hasil analisis hubungan antara kualitas tidur dengan hipertensi melalui uji statistik Chi Square diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-sided) sebesar 0.000.

Simpulan: Ada hubungan yang bermakna kualitas tidur terhadap kejadian hipertensi pada petugas keamanan di Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Kata kunci: kualitas tidur, hipertensi, petugas keamanan, Gamping

 

 

×
Penulis Utama : Ronadeva Zahra Aktavisenda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013206
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Kualitas Tidur terhadap Kejadian Hipertensi pada Petugas Keamanan di Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Pendidikan Kedokteran -G0013206-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Eko Irawanto, dr. SpKK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.