Penulis Utama : Cindy Puspitawati
NIM / NIP : R0016015
×

Abstrak

Latar Belakang : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran kebijakan, perlengkapan, jadwal pelaksanaan, checklist safety patrol, isi dari lembar temuan dan cara pelaporan safety patrol di PT. Kimia Farma (Persero) Tbk Plant Jakarta.
Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau member gambaran terhadap objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan.
Hasil : Hasil penelitian ini menggambarkan tentang komitmen dan kebijakan sebagai bukti perusahaan mendukung aktivitas K3 dan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan safety patrol, serta penerapan safety patrol yang dilakukan setiap dua kali seminggu. Pelaksanaan safety patrol setiap dua kali seminggu dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi bahaya yang ada di perusahaan dan dapat mengurangi risiko kecelakaan yang dapat merugikan semua pihak. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan saat melakukan safety patrol yaitu kamera, checklist, dan APD. Cara Pelaporan dari temuan saferty patrol yaitu melalui diskusi atau morning call.
Simpulan : Perusahaan telah melakukan safety patrol sehingga dapat mengidentifikasi potensi bahaya yang ada di perusahaan dan dapat menguruangi risiko kecelakaan yang dapat merugikan semua pihak. Saran yang diberikan adalah supaya pelaksanaan safety patrol dilakukan secara merata dan sesuai jadwal yang ada, pemakaian badge petugas safety patrol, pembentukan tim safety patrol, pembuatan deadline tindakan perbaikan, kegiatan morning call yang lebih intensif dan pembuatan grafik presentase untuk setiap bagian perusahaan.
Kata Kunci : Safety patrol, Potensi Bahaya
1 Mahasiswa Program Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
2 Dosen Program Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta

×
Penulis Utama : Cindy Puspitawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016015
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Safety Patrol di PT. Kimia Farma (PERSERO) Tbk Plant Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, S.KM., M.Kes.
2. Haris Setyawan, SKM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.