Penulis Utama : Nicodemus Wisnu Pratama
NIM / NIP : E0011224
×

ABSTRAK
UPAYA KEPOLISIAN RESORT KEBUMEN DALAM MENANGANI PERTAMBANGAN TANPA IZIN (KAJIAN DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pertambangan tanpa izin di Kabupaten Kebumen, dan meneliti upaya-upaya yang dilakukan guna menanggulangi pertambangan tanpa izin.
    Pengertian ini diambil dengan metode penelitian empiris dengan sifat penelitian deskriptif, dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan bahan hukum primer dengan berupa wawancara dan bahan hukum sekunder berupa perundang-undangan, buku-buku maupun dokumen resmi, serta bahan hukum tertier berupa kamus besar bahasa Indonesia, ensiklopedia, dan lain-lain. Teknik analisis bahan hukum secara analisis interaktif mulai dari mereduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dihasilkan dari kesimpulan faktor-faktor penyebab terjadinya pertambangan tanpa izin di Kabupaten Kebumen adalah : faktor ekonomi, faktor sosial, faktor hukum peraturan, dan faktor pendidikan. Berdasarkan keempat faktor tersebut, maka terdapat upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pertambangan tanpa izin, antara lain pertama upaya preventif yaitu berupa patroli dan operasi kepolisian, penyuluhan hukum, pengawasan sasaran kejahatan dan pemasangan spanduk serta melakukan himbauan kepada masyarakat. Kedua upaya represif yaitu berupa pengoptimalisasian fungsi dan kinerja dari pihak unit Reskrim khususnya Unit IV Tipiter Reskrim Polres Kebumen, membuka layanan laporan, mempercepat proses pemberkasan perkara dan pengumpulan barang bukti.
Kata Kunci : PERTAMBANGAN TANPA IZIN, Etiologi Kriminal.

 

×
Penulis Utama : Nicodemus Wisnu Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011224
Tahun : 2017
Judul : Upaya Kepolisian Resort Kebumen dalam menangani tindak pidana pertambangan tanpa izin (kajian dari aspek etiologi kriminal)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum, Jur. Ilmu Hukum-E0011224-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ismunarno, S.H, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.