Penulis Utama : Dwi Endah Subianti
NIM / NIP : R0215033
×

Abstrak

Latar Belakang : Tekanan panas adalah kombinasi dari suhu udara, kelembaban udara, kecepatan gerakan udara dan suhu radiasi yang dihubungkan dengan produksi panas oleh tubuh. Suhu lingkungan yang terlalu tinggi atau pun rendah dapat membahayakan kesehatan tubuh dan mempengaruhi kinerja jantung yang akan berdampak pada tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tekanan panas terhadap tekanan darah pada pekerja bagian spinning unit A di PT. Bintang Makmur Sentosa Tekstil Industri Sragen.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 105 populasi pekerja dengan jumlah sampel 75 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan Area Heat Stress Monitor untuk mengukur tekanan panas, timbangan berat badan, Stignomanometer dan Stetoskop untuk mengukur tekanan darah. Teknik analisis data menggunakan uji pearson product moment.
Hasil : Hasil uji pearson menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara tekanan panas dengan tekanan darah sistolik dan diastolik dengan nilai p value = 0.000, nilai arah korelasi (+) dan koefisien korelasi 0.657 untuk tekanan darah sistolik dan 0.671 untuk diastolik.
Simpulan : Terdapat hubungan signifikan antara tekanan panas dengan tekanan darah pada pekerja bagian spinning unit A di PT Bintang Makmur Sentosa Tekstil Industri Sragen.
Kata Kunci : Tekanan Panas, Tekanan Darah, Sistolik, Diastolik.

 

×
Penulis Utama : Dwi Endah Subianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215033
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Tekanan Panas Terhadap Tekanan Darah pada Pekerja Bagian Spinning Unit A di PT. Bintang Makmur Sentosa Tekstil Industri Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti, dr., M.Sc
2. Tyas Lilia W, S.ST., M.KKK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.