Penulis Utama : Dwi Yulianti
NIM / NIP : R0016025
×

Abstrak

Latar Belakang : Responsible Care merupakan sebuah inisiatif yang dibentuk dan diadopsi oleh perusahaan-perusahaan kimia untuk terus meningkatkan kinerja keselamatan, kesehatan dan lingkungan dalam pekerjaan dan produk hasil produksi secara berkelnjutan sebagai sikap responsif atas kekhawatiran publik. Responsible Care Indonesia adalah komitmen sukarela industri kimia di Indonesia untuk mencapai dan terus meningkatkan kinerja keselamatan, kesehatan dan lingkungan . Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan Responsible Care di perusahaan dan menilai penerapannya menggunakan kriteria verifikasi dari RCI pada masing-masing code.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan serta menilai penerapan praktik manajemen Responsible Care di PT Clariant Indonesia site Tangerang.
Hasil : PT Clariant Indonesia site Tangerang telah menerapkan praktik manajemen Responsible Care sesuai dengan kriteria verifikasi RCI yang meliputi Kesadaran Masyarakat dan Tanggap Darurat, Keselamatan Transportasi dan Distribusi, Keselamatan dan Kesehatan Tenaga Kerja, Pencegahan Polusi, Keselamatan Proses, Keamanan, dan Product Stewardship dengan memperoleh hasil berturut-turut 95.65%, 99.09%, 97.27%, 94.73%, 93.97%, 93.93%, dan 92.81%. Berdasarkan hasil pemantauan terdapat beberapa hal di lapangan yang belum dilaksanakan dengan sempurna.
Simpulan : Perusahaan telah menerapkan praktik manajemen Responsible Care dengan mendapatkan hasil rata-rata 95.61%. Hal ini telah sesuai dengan peraturan baik perundang-undangan dalam negeri maupun peraturan dari luar negeri.
Kata kunci : Responsible Care, verifikasi, berkelanjutan, code.

×
Penulis Utama : Dwi Yulianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016025
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Responsible Care Management Practice Sebagai Upaya Pendukung Implementasi K3 di PT Clariant Indonesia Site Tangerang, Banten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Rachmawati, S.ST., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats