Penulis Utama : Muhammad Fikri Fathon Ridlwanulloh
NIM / NIP : H0814069
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan sektor dan sub sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, menganalisis perubahan peranan sektor dan sub sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan serta menganalisis faktor yang menyebabkan perubahan peranan sektor dan sub sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan dalam perekonomian wilayah Kabupaten Demak.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan lokasi penelitian adalah secara purposive. Data yang digunakan adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Demak dan Provinsi Jawa Tengah tahun 2012-2016 Atas Dasar Harga Konstan 2010. Data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan BAPPEDA Kabupaten Demak dan Provinsi Jawa Tengah. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Location Quotient, Dyncamic Location Quotient dan Shift Share.
Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   selama   tahun   2012-2016   sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di Kabupaten Demak merupakan sektor basis. Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan diperkirakan menjadi sektor non basis di
masa mendatang yaitu dari sektor basis di masa sekarang menjadi sektor non basis di masa mendatang. Faktor penyebab terjadinya perubahan peranan sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan adalah faktor struktur perekonomian. Sub sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yang menjadi sub sektor basis di Kabupaten Demak pada tahun 2012-2016 adalah sub sektor perikanan dan sub tanaman pangan. Sub sektor pertanian,  kehutanan,   dan  perikanan   yang  diperkirakan  mengalami  perubahan peranan di masa mendatang adalah sub tanaman perkebunan dan sub peternakan yaitu dari sub sektor non basis di masa sekarang menjadi sub sektor basis di masa mendatang. Faktor penyebab terjadinya perubahan peranan sub tanaman perkebunan dan sub peternakan tersebut adalah faktor struktur perekonomian. Pemerintah Kabupaten Demak  diharapkan  kedepannya mampu  mempertahankan  peran  sektor pertanian,  kehutanan,  dan  perikanan  dengan    upaya  pengoptimalan  terhadap  sub
sektor basisnya terutama pada sub tanaman perkebunan dan sub tanaman pangan yang diperkirakan dapat menjadi sub sektor basis di masa mendatang.

 

Kata Kunci: sektor pertanian, kehutanan, perikanan, dan perekonomian di Demak

×
Penulis Utama : Muhammad Fikri Fathon Ridlwanulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814069
Tahun : 2019
Judul : Peranan Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan terhadap Perekonomian di Kabupaten Demak
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Prodi Agribisnis-H0814069-2019
Kata Kunci : sektor pertanian, kehutanan, perikanan, dan perekonomian di Demak
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S
2. Wiwit Rahayu, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.