Penulis Utama : Febe Nadia Widyasmara
NIM / NIP : R0016037
×

Abstrak

Latar Belakang: PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang distribusi kelistrikan. Karyawan mitra membutuhkan tenaga dan usaha yang besar dalam setiap pekerjaan yang melibatkan jaringan listrik, hal itu menyebabkan karyawan mitra merasa tidak puas terhadap pekerjaan mereka terutama upah/gaji. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel dalam faktor hygiene terhadap kepuasan kerja dan pengaruh variabel faktor motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan mitra PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta.
Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 110 orang. Sampel diambil menggunakan tekhnik random sampling dan dirumuskan sampel minimal maka didapatkan 90 responden. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment.
Hasil: Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat pengaruh faktor higiene dengan kepuasan kerja (p-value = 0,000). Terdapat pengaruh faktor motivasi terhadap kepuasan kerja (p-value = 0,000). Hasil uji multivariat didapatkan nilai signifikansi faktor higiene dan faktor motivasi sebesar p-value = 0,000 R = 0,679 memiliki dominasi pengaruh sebesar 67,9% terhadap kepuasan kerja.
Simpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor higiene dan factor motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan mitra di PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta.
Kata Kunci: Faktor Higiene, Faktor Motivator, Herzberg, Kepuasan Kerja

×
Penulis Utama : Febe Nadia Widyasmara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016037
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Hygiene dan Motivation Factor Menurut Herzberg Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Mitra Pada PT. PLN (PERSERO) UP3 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016037-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. I Komang Ary Wirasena M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.