Penulis Utama : Tanri Fatma Utami
NIM / NIP : G0114097
×

ABSTRAK

Rendahnya jumlah lulusan SMA/SMK di Kabupaten Purworejo yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi disebabkan oleh ketakutan akan tingginya biaya pendidikan dan kurangnya keyakinan siswa terhadap kemampuan  dirinya.  Salah  satu  yang  mengalami  hal  ini  adalah  remaja  panti asuhan. Remaja panti asuhan merupakan remaja yang sengaja dititipkan orang tuanya untuk mendapatkan kehidupan dan pendidikan secara layak. Remaja Panti asuhan juga berhak mengenyam pendidikan tinggi guna memperbaiki hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Populasi penelitian ini adalah remaja yang tinggal di lima panti asuhan di Purworejo yang berjumlah 176 orang. Penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling untuk menentukan lembaga panti asuhan yang berada di Purworejo sebagai sampel penelitian, dan didapatkan sampel berjumlah 81. Instrumen yang digunakan adalah Skala Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (?=0,930) dan Skala Konsep Diri (?=0,870).
Hasil  uji  hipotesis  menggunakan  regresi  linier sederhana  menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0>Ftabel (105,700>3,962) r = 0,756 serta r2=
0,572 sehingga sumbangan efektif konsep diri terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 57,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi remaja panti asuhan di Purworejo.

Kata Kunci: Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi, Konsep
Diri, Remaja Panti Asuhan.

×
Penulis Utama : Tanri Fatma Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0114097
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Antara Konsep Diri dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Remaja Panti Asuhan di Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Psikologi-G0114097-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Suci Murti Karini, M.Si., Psikolog
2. Rahmah Saniatuzzulfa, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.