Penulis Utama : Rima Rismayaningsih
NIM / NIP : K7116166
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyampaikan pendapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share pada siswa kelas IV SD Negeri Mangkubumen Kulon No.83 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Mangkubumen Kulon No.83 Surakarta yang berjumlah 16 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis dengan teknik interaktif. Prosedur penelitian adalah model Kemmis dan Taggart.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dapat meningkatkan keterampilan menyampaikan pendaapat siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada siklus I mulai mengalami peningkatan sampai pada siklus II . Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan keterampilan menyampaikan pendapat siswa kelas IV SD Negeri Mangkubumen KUlon No.83 Surakarta.
Kata kunci: Keterampilan menyampaiakan pendapat, think pair share, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Rima Rismayaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116166
Tahun : 2020
Judul : Peningkatkan Keterampilan Menyampaikan Pendapat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Di SDN Mangkubumen Kulon No. 83 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7116166-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah M.Hum
2. DrS. Tri Budiharto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.