Penulis Utama : Lestari Handayani
NIM / NIP : S551602002
×

Abstrak
Epilepsi merupakan kondisi neurologis kronik yang dapat mengakibatkan dampak, baik dampak langsung akibat kejang maupun dampak sosial dan psikologis yang dapat menurunkan kualitas hidup. Pengukuran kualitas hidup pada penderita epilepsi sangat penting karena merupakan cara baru dalam menilai outcome penderita epilepsi. Quality of Life in Epilepsy Inventory  (QOLIE)-31 merupakan kuosioner penilaian kualitas hidup penderita epilepsi yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas ke dalam bahasa Indonesia dan terdiri atas 31 item.  Instrumen yang lebih singkat dan dapat digunakan sebagai skrining penilaian kualitas hidup penderita diperlukan dalam praktik klinis sehari-hari. Salah satu instrumen untuk yang dapat digunakan untuk skrining penilaian kualitas hidup penderita epilepsi adalah QOLIE-10.  Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan instrumen QOLIE-10 dalam bahasa Indonesia yang valid dan reliabel untuk menilai kualitas hidup penderita epilepsi, (2) mendapatkan perbandingan QOLIE-10 dan QOLIE-31 versi bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan metode survei analitik dan pendekatan studi potong lintang (cross sectional). Populasi sampel adalah pasien epilepsi di poli saraf RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada periode Agustus sampai September 2019. Subjek yang telah memenuhi kriteria inklusi sebanyak 51 subjek, melakukan pengisian kuosioner QOLIE-10  yang telah dilakukan proses alih bahasa ke bahasa Indonesia dan QOLIE-31 versi bahasa Indonesia. Hasil uji validitas QOLIE-10 dengan uji bivariat Pearson menunjukkan nilai r 0.43-0.71 (>0.279) dengan p <0>0.7 yang menunjukkan bahwa kuosioner QOLIE-10 versi bahasa Indonesia memiliki reliabilitas yang baik. Uji perbandingan antara QOLIE-10 dan QOLIE-31 versi bahasa Indonesia menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna secara statistik (p=0.361).
Kata kunci: epilepsi, kualitas hidup, QOLIE-10, QOLIE-31
Abstract
Epilepsy is a common chronic condition that can cause impacts, both direct effects of seizues dan social-psychological consequences, which may reduce the quality of life. The quality of life assesment is a relatively new measure to evaluate outcome of epilepsy patients. Quality of Life in Epilepsy Inventory (QOLIE)-31 is quostionnare used to asses quality of life in epilepsy patients that have been validated in Indonesian version, consist of 31 items. A shorter instrument that can be used as screening of quality of life in epilepsy patients is needed for daily practice. Instruments that can be used to screen quality of life in epilepsy inventory is QOLIE-10. The aim of this research is (1) to get valid and reliable QOLIE-10 in the Indonesian version, (2) to compare QOLIE-10 dan QOLIE-31 in the Indonesian version. It was an observational analytic study with a cross-sectional approach. The sample population was outpatients of neurology in Agustus-September 2019. Subjects included in inclusion criteria (51 subjects) completed Indonesia version of QOLIE-10 and QOLIE-31 questionnare. The validity test using Pearson bivariat test revealed r 0.43-0.71(p<0>0.7, which indicates that Indonesian version of QOLIE-10 had good reliability. A comparison test between QOLIE-10 dan QOLIE-31 showed there were no statistically significant differences (p=0.361).
Keywords: epilepsy, quality of life, QOLIE-10, QOLIE-31

×
Penulis Utama : Lestari Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S551602002
Tahun : 2019
Judul : Uji Perbandingan Quality Of Life In Epilepsy Inventory (QOLIE) Versi Bahasa Indonesia antara QOLIE-10 dan QOLIE-31 sebagai Instrumen Penilaian Kualitas Hidup Penderita Epilepsi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Saraf
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi- S551602002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Diah Kurnia Mirawati, Sp.S (K)
2. Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F., M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.