Penulis Utama : Nila Chandra
NIM / NIP : C0214047
×

Abstrak
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana bentuk disfemisme dalam video terpopuler di Youtube Qorygore? (2) Bagaimana referen disfemisme dalam video terpopuler di Youtube Qorygore?Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk disfemisme dalam video terpopuler di Youtube Qorygore(2)Mendeskripsikan referen disfemisme dalam video terpopuler di Youtube Qorygore.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalahmedia sosial, yaitu kanal Youtuberesmi milik Qorygore. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang di dalamnyamengandung kata, frasa, klausa, dankalimatdisfemisme yang terdapatpada video terpopuler di YoutubeQorygore.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih dan metode padan. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini adalah penyajian data secara informal. 
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bentuk disfemisme dalam video terpopuler di Youtube Qorygore selama April 2017-Mei 2018 adalah kata, frasa, klausa, dan kalimat.Data disfemisme berupa kata ditemukan sebanyak 185 data, data disfemisme berbentuk kata dasar ditemukan sebanyak 150 data, disfemisme berbentuk kata berimbuhan sebanyak 30 data, dan disfemisme berbentuk kata ulang sebanyak 5 data. Data disfemisme berupa frasa ditemukan 65 data, data disfemisme berupa kalimat sebanyak 14 data, dan data  disfemisme berupa klausa sebanyak 13 data.
Referen disfemisme dalam video terpopuler di Youtube Qorygore selama April 2017-Mei 2018 ditemukan disfemisme bereferen sifat atau keadaan yaitu sebanyak 90 data, disfemisme bereferen cemoohan ditemukan 56 data, disfemisme bereferen binatang ditemukan sebanyak 55 data, disfemisme bereferen tubuh manusia sebanyak 24 data, disfemisme bereferen aktivitas sebanyak 24 data, disfemisme bereferen peristiwa ditemukan sebanyak 19 data, disfemisme bereferen benda atau hal yaitu sebanyak 10 data, dan disfemisme bereferen penyakit sebanyak 1 data.
Kata kunci: Disfemisme, bentuk, referen,Youtube.

×
Penulis Utama : Nila Chandra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214047
Tahun : 2019
Judul : Disfemisme dalam Video Terpopuler di Youtube Qorygore
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. Studi Sastra Indonesia-C0214047-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri Sigit Widyastuti, M. Hum.
2. Bakdal Ginanjar, S.S.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.