Penulis Utama : Riska Rahmawati Putri Isnaini
NIM / NIP : M3115117
×

Abstrak
Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) memiliki mekanisme sistem legalisir ijazah dan transkrip nilai yang masih bersifat manual. Mekanisme itu mengharuskan alumni yang memiliki kepentingan untuk melakukan legalisir harus datang ke Pascasarjana UNS untuk mengurus proses legalisir ijazah dan transkrip nilai. Adapun pihak bagian Tata Usaha merupakan bagian yang berwenang dan bertanggung jawab atas seluruh proses yang berkaitan dengan legalisasi ijazah dan transkrip nilai. Bagian Tata Usaha tersebut mewajibkan alumni yang memiliki kepentingan untuk melakukan legalisasi untuk datang langsung ke Pascasarjana sampai dengan proses pengambilan legalisasi siap untuk diambil. Selain itu, Sistem Informasi Legalisir ini dapat digunakan pengintegrasian dan memanfaatkan pengisian kuisioner dengan Sistem Tracer Study Online sebagai monitoring dan pemantauan alumni-alumni yang telah lulus dan sudah bekerja yang telah dirancang sebelumnya.
Dalam penelitian ini dilakukan tahap analisis dan perancangan dalam pembuatan sistem informasi. Pada tahap analisis dilakukan identifikasi proses bisnis sistem, observasi, dan wawancara yang dibutuhkan sistem. Pada tahap perancangan sistem terdiri dari perancangan sistem, perancangan database, perancangan interface, dan pembuatan sistem informasi menggunakan Code Igniter (CI).
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini adalah rancangan sistem informasi legalisir berbasis web yang dapat menyajikan informasi kepada alumni terkait kepastian legalisir yang telah selesai diproses. Sistem informasi yang dirancang telah diintegerasikan dengan Sistem Tracer Study Pascasarjana UNS. Letak integerasi kedua sistem yaitu pada data alumni dan data pin. Data alumni sebagai objek pada sistem ini, dan data pin sebagai hasil output dari Sistem Tracer Study Pascasarjana UNS yang menjadi syarat utama melakukan pemesanan di Sistem Informasi Legalisir.
Kata kunci: sistem informasi, legalisir ijazah, integrasi, web.
Abstract
Postgraduate Program Sebelas Maret University (UNS) has a system for legalizing diplomas and manual transcripts that are still manual. The mechanism requires alumni who have the interest to legalize must come to the Postgraduate Program UNS to take care of the legalization process of diplomas and transcripts. The Administration section is the authorized and responsible part of the entire process relating to the legalization of diplomas and value transcripts. The Administration Division requires alumni who have an interest in legalizing to come directly to the Postgraduate until the process of taking the legalization is ready to be taken. In addition, this Legalized Information System can be used to integrate and utilize the questionnaire with the Tracer Study System as a monitoring and monitoring of alumni who have graduated and have worked previously designed.
In this study, the analysis and design stage was carried out in the manufacture of information systems. In the analysis phase, the system business process identification, observation, and interviews are needed by the system. At the system design stage consists of system design, database design, interface design, and the creation of information systems using Code Igniter (CI).
Based on the results of the analysis of this study is a web-based legalized information system design that can present information to alumni related to the certainty of legalization that has been processed. The designed information system has been integrated with the UNS Postgraduate Tracer Study System. The integer location of the two systems is the alumni and data pin data. The alumni data is the object of this system, and the data pin is the output of the UNS Postgraduate Tracer Study System which is the main requirement to place an order in the Legalized Information System.
Keywords: information system, legalized diploma, integration, web.

×
Penulis Utama : Riska Rahmawati Putri Isnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115117
Tahun : 2019
Judul : Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Legalisir Berbasis Web Pascasarjana UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.MIPA - 2019
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F.MIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3115117-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Purbayu, S.Si., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.