Penulis Utama : Asri Widyas Febrianti
NIM / NIP : K7116026
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pemebelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada peserta didik kelas IV SD Negeri Pajang IV Surakarta.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kels IV SD Negeeri Pajang IV Surakarta pada tahun ajaran 2019/2020 dengan 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawanvcara, observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman.

Pada pratindakan menujukkan 19% atau 5 peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi  dan 81% atau 21 peserta didiik yang memiliki motivasi belajar rendah. Pada siklus I yang sudah menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together mengalami peningkatan menjadi 58% atau 15 peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 42% atau 11 peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% atau 24 peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 8% atau 2 peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah dari keseluruhan peserta didik. Sehingga hasil penelitan meningkat sebesar 19% pada pratindakan, 56% pada Siklus I, dan 83% pasa Siklus II dari seluruh peserta didik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa motivas belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas IV SD Negeri Pajang IV Surakarta pada tahun ajaran 2019/2020 meningkat setelah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together.

 

×
Penulis Utama : Asri Widyas Febrianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116026
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Pajang IV Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7116026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.