Penulis Utama : Lutfi Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513034
Tahun : 2017
Judul : Pemanfaatan Aplikasi Scratch sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di Kelas X TKJ SMK N 1 Sawit
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513034-2017
Subyek : PENELITIAN TINDAKAN KELAS, SCRATCH, HASIL BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas X TKJ 3 SMK N 1 Sawit pada Pembelajaran Pemrograman Dasar dengan memanfaatkan aplikasi Scratch.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X TKJ 3 SMK N 1 Sawit sejumlah 35 orang. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi masalah yang terjadi di dalam kelas. Kemudian dirancang suatu tindakan untuk mengatasinya dalam sebuah siklus tindakan. Pada penelitian ini pemberian tindakan berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1, pembelajaran dilaksanakan menggunakan model problem based learning, sedangkan pada siklus 2 menggunakan project based learning. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman, observasi kegiatan pembelajaran, penugasan portopolio, dan wawancara kepada peserta didik serta guru yang terkait. Analisa terhadap data dilakukan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Scratch dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 25,7% pada prasiklus, 71,4% pada siklus 1, dan 94,3% pada siklus 2. Sedangkan persentase motivasi belajar peserta didik sebesar 40,3% pada prasiklus, 75,1% pada siklus 1, dan 83,9% pada siklus 2.
Kata Kunci : penelitian tindakan kelas, Scratch, hasil belajar, motivasi  belajar, problem based learning, project based learning

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rosihan Ari Yuana, S.Si., M.Kom.
2. Dwi Maryono, S.Si., M.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP