Penulis Utama : Himmatul Aliyah
NIM / NIP : S851802015
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif Ispring 7 dengan Computer Based Test (CBT) pada materi persamaan garis lurus kelas VIII di MTs Negeri 7 Kediri tahun 2019/2020; 2) mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran interaktif Ispring 7 dengan Computer Based Test (CBT) pada materi persamaan garis lurus kelas VIII di MTs Negeri 7 Kediri tahun 2019/2020 dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif Ispring 7 dengan Computer Based Test (CBT) ini menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) analisis (analysis), 2) rancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluation). Analisis data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan media pembelajaran berdasarkan skor kriteria, dan analisis hasil prestasi belajar melalui uji-t.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil produk yang dikembangkan menggunakan software Ispring 7, Construct 2 dan aplikasi Computer Based Test (CBT) menghasilkan produk berupa CD dalam bentuk software dan media ini dapat digunakan pada browser Chrome dengan mengetikkan pada alamat 192.168.137.1/mathpegarus, 2) media pembelajaran interaktif yang dikembangkan termasuk layak digunakan karena telah memenuhi aspek kevalidan yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media, nilai rata-rata perolehan masing-masing sebesar 3,67 dan 3,50 dan semua termasuk kedalam kategori sangat baik. Aspek kepraktisan diperoleh dari uji coba kelompok kecil dan uji lapangan dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar 3,33 dan 3,32 dan semua termasuk dalam kategori sangat setuju. Aspek keefektifan diperoleh diperoleh nilai t_obs=4,0858 dengan t_tabel=1,9872, karena nilai t_obs?DK sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif Ispring 7 dengan Computer Based Test (CBT) pada materi persamaan garis lurus pada kelas VIII di MTs Negeri 7 Kediri memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif Ispring 7 dengan Computer Based Test (CBT).

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, Ispring 7, Computer Based Test, CBT, persamaan garis lurus

×
Penulis Utama : Himmatul Aliyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851802015
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ispring 7 dengan Computer Based Test (CBT) pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII dI MTs Negeri 7 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851802015-2020
Kata Kunci : media pembelajaran interaktif, Ispring 7, Computer Based Test, CBT, persamaan garis lurus
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.