Penulis Utama : Maria Linda Kartika Mukti
NIM / NIP : K3513036
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar dari pemanfaatan video tutorial dan tutor sebaya (2) untuk mengetahui keefektifan antara pemanfaatan video tutorial dan tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi kelas XI.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kuantitatif metode quasi eksperimen dengan tipe posttest only. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan soalposttest.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) adanya perbedaan hasil belajar peserta didik antara pemanfaatan video tutorial dan tutor sebaya dengan hasil perhitungan nilai posttest masing-masing kelas dengan menggunakan uji t independet sebesar 0,032. (2) pemanfaatan tutor sebaya dalam penelitian ini lebih efektif daripada pemanfaatan video tutorial, hal ini diperoleh dari hasil perhitungan uji gain pada masing-masing kelas. Pada kelas video tutorial mendapat hasil perhitungan sebesar 0,32 sedangkan pada kelas tutor sebaya mendapat hasil perhitungan sebesar 0,58.
Kata kunci : video tutorial, tutor sebaya, animasi 2 dimensi, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Maria Linda Kartika Mukti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513036
Tahun : 2017
Judul : Analisis Perbandingan Metode Pembelajaran dengan Pemanfaatan Video Tutorial dan Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Kelas XI di SMK Negeri 6 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd., M.Pd.
2. Cucuk W Budiyanto ST., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.