Penulis Utama : Rizki Dian Pratidanasti
NIM / NIP : F1117054
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empirik mengenai pengaruh Efisiensi Belanja Daerah dan Efektivitas Pendapatan Asli Daerah terhadap Realisasi Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di Provinsi D.I. Yogyakarta dimediasi SiLPA. Metode pengambilan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta, data dikumpulkan dengan metode dokumentasi atau observasi non partisipan. Data yang diambil sebagai sampel bersumber dari realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2013 hingga 2018 pada 5 kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan metode analisis Regresi Data Panel dan Sobel Test.
Variabel independen dalam penelitian ini yaitu efisiensi Belanja Daerah dan efektivitas Pendapatan Asli Daerah, variabel dependen yang digunakan yaitu Realisasi Belanja Daerah, dan variabel intervening yang dgunakan yaitu SiLPA. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji t, uji F, koefisien determinasi dan Sobel Test. Hasil penelitian pada model 1 yaitu menunjukkan bahwa efisiensi Belanja Daerah dan efektivitas Pendapatan Asli Daerah berpengaruh secara signifikan terhadap SiLPA. Sedangkan pada model 2 diperoleh hasil Harga nilai t statistik M = 5.75805 dengan sig. atau p value t parsial sebesar 0.0000 dimana < 0>T hitung pengaruh tidak langsung efisiensi Belanja Daerah terhadap Realisasi Belanja Daerah melalui SiLPA sebesar 0.091 sedangkan T tabel sebesar 1.985 dengan kesimpulan 0.091 < 1>


Kata kunci: Efisiensi Belanja Daerah, Efektivitas Pendapatan Asli Daerah, Realisasi Belanja Daerah, SiLPA, Sobel Test, Regresi Data Panel.

 

×
Penulis Utama : Rizki Dian Pratidanasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117054
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Efisiensi Belanja Daerah dan Efektivitas Pendapatan Asli Daerah Terhadap Realisasi Belanja Daerah Dimediasi SiLPA (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Ekonomi Pembangunan-F1117054-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardi, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.